Survey Diaspora: Elektabilitas Agusrin Dan Helmi Naik, Rohidin Malah Turun

Pemerintah Kota Bengkulu  MINGGU, 26 JULI 2020 , 19:17:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Survey Diaspora: Elektabilitas Agusrin Dan Helmi Naik, Rohidin Malah Turun

Lembaga Survey Diaspora Research Strategi Saat Memberikan Keterangan Resminya/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Gelaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu 2020 nampaknya semakin menarik untuk dibahas. Beberapa nama yang digadang-gadang memiliki peluang menang pun semakin menunjukkan eksistensi dan manuver politiknya untuk menarik simpati masyarakat.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Diaspora Research Strategy bahwa hingga saat ini elektabilitas mantan Gubernur Bengkulu, Agusrin Najamuddin dan Helmi Hasan menunjukkan grafik yang positif. Berbanding terbalik dengan petahana, Rohidin Mersyah yang elektabilitasnya justru menurun.

"Elektabilitas Agusrin dan Helmi Hasan terus mengalami kenaikan. Agusrin naik dari 16,2 persen menjadi 28,3 persen dan elektabilitas Helmi Hasan juga menunjukkan kenaikan dari 7,8 persen ke angka 16 persen. Petahana Rohidin Mersyah justru turun dari angka 20,6 menjadi 18,1 persen," kata Direktur Diaspora Research Strategy, Ahmad Aprianto dalam keterangan resminya, Minggu (26/07).

Menurutnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi tren kenaikan elektabilitas Agusrin dan Helmi Hasan. Ia menyebut pihaknya meyakini jika kerja politik keduanya yang begitu masif melakukan sosialisasi dalam beberapa bulan terakhir ini terbukti efektif menarik simpati masyarakat.

"Keduanya akhir-akhir ini sangat aktif bersosialisasi di masyarakat, baik melalui alat peraga, aksi sosial, aksi kebijakan pertemuan dengan warga dan lain sebagainya," terangnya.

Sementara itu penurunan elektabilitas petahana Rohidin Mersyah dianggap karena masyarakat dinilai kurang puas dengan kinerjanya saat ini.

"Tingkat kepuasan masyarakat atas kinerjanya menurun dari angka 47,2 persen menjadi 45,8 persen," ungkapnya.

Untuk diketahui, jika survey yang dilakukan Diaspora Research Strategy dari tanggal 16 hingga 20 Juli 2020 ini mengambil data dari 700 responden yang dipilih secara acak bertingkat dengan margin of error kurang lebih 3,75 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. [tmc]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00