Guru Dan Orangtua Diminta Aktif Awasi Pembelajaran Daring Agar Siswa Tetap Fokus

Pendidikan  SENIN, 20 JULI 2020 , 07:45:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Guru Dan Orangtua Diminta Aktif Awasi Pembelajaran Daring Agar Siswa Tetap Fokus

Wawan Fernandez/Ist

RMOLBengkulu. Pembelajaran daring yang diterapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lebong, untuk menghindari penyebaran wabah corona mendapat perhatian dari Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Wawan Fernandez.

Menurut Wawan sapaan akrabnya, belajar daring jangan diartikan sebagai hari libur. Melainkan proses pembelajaran yang tetap berjalan atau dilaksanakan.

"Saya mengharapkan para orangtua dan guru bisa membimbing serta memberikan pengawasan. Saat ini bukan libur, melainkan pengalihan proses belajar dari sekolah ke rumah," ujarnya, kemarin (19/7).

Dia menerangkan, masalah pembelajaran, bisa dilakukan kapan dan dimana saja, apalagi sudah ada didukung dengan fasilitas bersifat online. Baginya, proses pembelajaran daring seperti situasi saat ini, dirasakan dapat berjalan tanpa mengurangi dari esensi manfaat dan makna.

"Satu seorang guru, orang tua, dan pemerintah dalam hal ini dinas pendidikan dalam memonitor siswa dalam belajar. Kalau kontrol, koordinasi dan komunikasi berjalan saya kira tidak ada masalah,” imbuhnya.

Sama halnya di negara maju, sistem pembelajarannya sudah menggunakan sistem online atau daring, tentu hal ini sudah biasa, bukan hal yang baru lagi.

"Imbauan saya agar guru terus melakukan komunikasi dengan siswa, misalnya melalui WA grup, dan memberikan tugas-tugas, serta memonitor apakah tugas yang diberikan sudah dikerjakan atau belum, agar proses pembelajaran daring ini berjalan sebagaimana dengan proses belajar tatap muka di kelas,” tuturnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00