Siap-siap, Yang Tak Kenakan Masker Akan Didenda Rp 2 Juta

Nusantara  MINGGU, 19 JULI 2020 , 17:58:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Siap-siap, Yang Tak Kenakan Masker Akan Didenda Rp 2 Juta

Pemerintah negara bagian Victoria, Australia mewajibkan penduduk Melbourne dan sekitarnya mengenakan masker guna mencegah penyebaran virus corona/Net

RMOLBengkulu. Pemerintah negara bagian Victoria akan mewajibkan pemakaian masker di Melbourne. Aturan ketat tersebut dilakukan karena penyebaran virus yang kian tak terkendali di kota terbesar kedua di Australia tersebut.

Perdana Menteri Victoria, Daniel Andrews pada Minggu (19/7) mengatakan, lebih dari lima juta warga Melbourne dan tetangganya, Mitchell Shire, diwajibkan menggunakan masker atau penutup wajah lainnya di ruang publik mulai Rabu tengah malam (22/7) atau Kamis (23/7).

"Kebanyakan dari kita tidak akan meninggalkan rumah tanpa kunci, kita tidak akan meninggalkan rumah tanpa ponsel. (Sekarang) Anda tidak akan bisa meninggalkan rumah tanpa masker," ujar Andrews.

"Memakainya di tempat umum sangat penting untuk menghentikan penyebaran virus ini," sambungnya dalam konferensi pers seperti yang dikutip Reuters.

Andrews mengatakan, siapa saja yang langgar aturan tersebut akan dikenai denda sebesar 200 dolar Australia (AUD) atau setara dengan Rp 2 juta (Rp 10.277/AUD).

Selain masker, bandana dan syal juga bisa dilumrahkan untuk menutupi hidung dan mulut, selama negara masih berusaha meningkatkan pasokan masker.

"Lebih baik daripada tidak ada penutup wajah sama sekali," katanya.
Dengan aturan tersebut, Melbourne menjadi kota pertama di Australia yang mewajibkan penggunaan masker. Mengingat pemerintah selama ini tidak menggaungkan langkah penggunaan masker untuk mencegah penyebaran virus.

Meski sudah memberlakukan lockdown selama 10 hari, negara bagian Victoria sudah melaporkan tiga ribu infeksi Covid-19, 363 di antaranya baru dilaporkan pada Minggu.
Sedangkan secara nasional, Australia sudah melaporkan hampir 12 ribu kasus dengan 122 kematian. dilansir RMOL.ID. [ogi]



Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00