Anggaran Terbatas, Pilkades Urung Digelar Tahun Ini

Daerah  SABTU, 18 JULI 2020 , 08:33:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Anggaran Terbatas, Pilkades Urung Digelar Tahun Ini

Eko Budi Santoso/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Covid-19 yang mewabah hingga saat ini, berdampak pada kegiatan dan pembangunan daerah, seperti di Kabupaten Lebong, banyak program kegiatan yang tak dilaksanakan karena pemangkasan anggaran.

Salah satu kegiatan yang gagal dilaksanakan, yakni Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Padahal perhelatan tahunan ini sedianya akan digelar dalam tahun 2020 ini.

Kabid PMD Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, Eko Budi Santoso mengatakan, lantaran keterbatasan anggaran pesta demokrasi tingkat desa itu batal dilaksanakan.

"Rencana pelaksanaan Pilkades tahun ini yang batal dilaksanakan, karena keterbatasan anggaran," katanya, belum lama ini.

Ia mengaku, tidak hanya Pilkades yang batal digelar. Namun sejumlah kegiatan lain di Lebong juga tidak dilaksanakan karena pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19.

"Anggarannya tahun ini banyak dialihkan ke penanganan covid-19, yang juga menjadi penghambat pelaksanaan pilkades tahun ini," ungkapnya.

Meski demikian, Eko menambahkan pihaknya akan mengupayakan agar anggaran pelaksanaan Pilkades diakomodir dalam APBD Tahun Anggaran 2021.

Itupun agar jabatan di tingkat desa tidak mengalami kekosongan atau tidak dipimpin Pjs Kades.

"Sebenarnya semakin cepat dilaksanakan Pilkades, semakin cepat juga urusan Pjs kades," tandasnya. [tmc]



Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00