KPU Kota Mulai Coklit Data, Pastikan Masyarakat Terdaftar Peserta Pemilih

Pemerintah Kota Bengkulu  RABU, 15 JULI 2020 , 19:12:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

KPU Kota Mulai Coklit Data, Pastikan Masyarakat Terdaftar Peserta Pemilih

Ketua KPU Kota Bengkulu, Martawansyah/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Provinsi Bengkulu sudah resmi dimulai. Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu tengah bersiap untuk memulai pencocokan dan penelitian (Coklit) data peserta pemilih.

Ketua KPU Kota Bengkulu, Martawansyah menyebut jika proses Coklit resmi dimulai hari ini dan akan berakhir pada 13 Agustus mendatang. Ia pun mengajak masyarakat Kota Bengkulu ikut bersama-sama mensukseskan Pilkada ini dengan melakukan Gerakan Klik Serentak (GKS).

"Hari ini kita mulai tahapan Coklit data pemilih. Ini dilakukan untuk memastikan masyarakat Kota Bengkulu telah terdaftar sebagai peserta pemilih," katanya saat diwawancarai awak media di Kantor KPU Kota, Rabu (15/07).

Masyarakat dapat melakukan GKS dengan mengunjungi website https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Cara mengecek apakah masyarakat sudah terdaftar sebagai peserta pemilih pun cukup mudah, yakni hanya dengan memasukkan nama dan nomor induk keluarga (NIK).

"Masyarakat cukup memasukkan nama dan NIK pada situs diatas, nanti akan muncul apakah sudah terdaftar sebagai peserta pemilih atau belum," tambahnya.

Jika masyarakat sudah memasukkan nama beserta NIK tapi ternyata belum terdaftar, maka Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan mendata ulang ke lapangan.

"Jika setelah dimasukkan nama dan NIK ternyata yang bersangkutan belum terdaftar, nanti ada PPDP yang akan mendata," tutupnya. [tmc]


Komentar Pembaca