Dinsos Cari Orang Dengan Gangguan Jiwa Tiap Kecamatan

Daerah  SELASA, 14 JULI 2020 , 08:27:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Dinsos Cari Orang Dengan Gangguan Jiwa Tiap Kecamatan

Plt kadis Dinsos Didi Ruslan) RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) kembali melakukan pencarian Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Kali ini tim pencari ODGJ menyasar 11 kecamatan BS. Hasilnya Dinsos akan mendata ODGJ dan membawa ODGJ ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bengkulu.

Masih adanya ODGJ yang berkeliaran di kabupaten BS membuat sebagaian masyarakat resah dan ketakutan. Bahkan tidak jarang ODGJ membawa benda tajam dan menakuti masyarakat.

Oleh sebab itu, Dinsos yang membidangi penanganan ODGJ langsung bergerak menyasar melakukan pencarian diseluruh kecamatan BS.

Hasilnya untuk di kecamatan Kedurang Ilir pihak Dinsos berhasil mengamankan satu ODGJ yang selalu membawa senjata tajam. Selanjutnya ODGJ tersebut didata untuk dibuatkan BPJS dan dibawa ke RSJ Bengkulu.

Plt Kepala Dinsos Didi Ruslan, mengatakan untuk saat ini timnya telah bergerak mencari ODGJ yang berkeliaran. Namun meskipun demikian, di akui Didi pihaknya masih kewalahan mencari ODGJ dan susah ditangkap.

Bahkan, untuk ODGJ yang sering telanjang berkeliaran di Kota Manna pihak Dinsos mengaku sangat sulit mengangkapnya. Meskipun demikian, pihaknya akan tetap mencari ODGJ dan berharap masyarakat BS aktif melaporkan kalau ada ODGJ berada di sekitarnya.

"Tim pencari ODGJ bergerak di seluruh kecamatan, untuk yang sudah diamankan  tim akan mendata serta membuatkannya BPJS dan akan di obati ke RSJ Bengkulu," imbuhnya.

Selain itu, pihak Dinsos melarang masyarakat BS membiarkan ODGJ dipasung. Sebab hal tersebut tidak akan menyembuhkan ODGJ. Namun apabila meresahkan maka Dinsos membolehkan dipasung sementara dan akan ditangani oleh pihaknya dikemudian hari.

"Kalau dipasung itu kurang baik karena tidak akan menyembuhkan, namun bila memang membahayakan ya lebih baik dipasung dan akan kita temui lansung," tutupnya. [tmc]

Komentar Pembaca
Anies Baswedan Positif Covid-19

Anies Baswedan Positif Covid-19

SELASA, 01 DESEMBER 2020 , 11:51:49

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang
PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

KAMIS, 19 NOVEMBER 2020 , 10:58:48

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

JUM'AT, 02 OKTOBER 2020 , 19:11:00

H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu