Aplikasi 'Laut Nusantara' Ala DKP, Permudah Nelayan Temukan Titik Kumpul Ikan

Pemerintah Kota Bengkulu  SENIN, 13 JULI 2020 , 19:31:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Aplikasi 'Laut Nusantara' Ala DKP, Permudah Nelayan Temukan Titik Kumpul Ikan

Kepala DKP Kota Bengkulu, Syafriandi/Net

RMOLBengkulu. Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu saat ini terus melakukan terobosan-terobosan baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Baru-baru ini Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota bekerjasama dengan pihak swasta menciptakan aplikasi Laut Nusantara.

Aplikasi berbasis jaringan yang bekerjasama dengan salah satu provider ini disiapkan untuk memudahkan para nelayan untuk mencari ikan di laut. Dengan berbekal smartphone dan aplikasi ini, nelayan tidak perlu repot-repot lagi mencari titik kumpul ikan ketika sedang melaut.

"Terobosan berbasis teknologi ini kita harapkan akan mendatangkan manfaat bagi para nelayan Kota Bengkulu. Tujuannya ialah agar nelayan mendapatkan peningkatan kuantitas tangkapan mereka dan memudahkan mereka menentukan tujuan untuk menangkap ikan," kata Kepala DKP Kota, Syafriandi saat diwawancarai awak media, Senin (13/07).

Selain memudahkan nelayan menentukan titik kumpul ikan, aplikasi laut nusantara ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan bagi para nelayan yang selama ini melaut hingga ke pulau seberang karena dilengkapi dengan titik koordinat.

Saat ini DKP mendapat bantuan smartphone lengkap dengan aplikasi nusantaranya sebanyak 24 unit. Puluhan unit smartphone dan aplikasi anyar tersebut akan di uji coba pada Rabu mendatang.

"Kita akan lakukan simulasi aplikasinya para Rabu besok. Insya Allah tidak menutup kemungkinan ke depannya semua nelayan mendapatkan bantuan ini," ungkap Syafriandi.

Sementara itu Walikota Bengkulu, Helmi Hasan turut senang dan mengapresiasi terobosan baru berbasis teknologi ini.

"Alat pendeteksi keberadaan ikan ini nantinya memudahkan nelayan untuk menangkap ikan tanpa harus keliling mencari keberadaannya. Ini juga berfungsi sebagai alat komunikasi untuk menentukan titik koordinat nelayan tersebut,” tutup Helmi. [ogi]

Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00