Dukcapil: Jangan Manipulasi Data

Daerah  SENIN, 13 JULI 2020 , 07:56:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Dukcapil: Jangan Manipulasi Data

Elva Mardiana/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 mendatang serta penerimaan siswa-siswi baru. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong, mengingatkan kepada seluruh warga Lebong, agar jangan melakukan manipulasi data.

Hal itu dilakukan, terkait dengan adanya isu manipulasi data kependudukan belum lama ini yang terjadi di Kabupaten Lebong, seperti merubah data Kartu Keluarga (KK).

Kadis Dukcapil Lebong, Elva Mardiana meyebutkan, terkait adanya isu manipulasi data, ia mengingatkan agar jangan memanipulasi data kependudukannya.

"Kami ingatkan, jangan sekali-kali melakukan manipulasi data kependudukannya," singkatnya, kemarin.

Ia menjelaskan, menjelang Pilkada dan penerimaan siswa-siswi baru, dengan sistem zonasi, membuat orang nekat merubah data KK dengan merubah tanggal yang tercantum pada KK, juga memindahkan anak kedalam KK saudaranya yang terdekat dengan sekolah yang diinginkan.

Sebab, kata dia, nanti semua juga akan ketahuan setelah adanya pengecekkan data.

"Dari itu kami imbau jangan pernah memanipulasi ataupun merubah data KK. Karena nanti bakal ketahuan setelah Dikbud dan Diknas provinsi/kabupaten pada saat melakukan pengecekkan data melalui aplikasi Dukcapil yang telah bekerja sama dengan pemanfaatan data. Tanggal berapa Kk dicetak, tanggal berapa data dipindahkan ke KK yang lain bisa diketahui," pesannya. [tmc]



Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00