Manajemen Baik, Dua Desa Dapatkan Bantuan Perpustakaan

Daerah  MINGGU, 12 JULI 2020 , 18:36:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Manajemen Baik, Dua Desa Dapatkan Bantuan Perpustakaan

Saat kepala Dinas Perpustakaan BS berkoordinasi dengan Perpusnas/ist

RMOLBengkulu. Dari lima desa yang diusulkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) untuk mendapatkan bantuan alat kelengkapan perpustakaan desa, hanya dua desa yang diakomodir perpustakaan nasional (Perpusnas).

Dua desa tersebut yakni Desa Tanjung Eran, Kecamatan Pino dan Desa Lubuk Sirih Ulu, Kecamatan Manna. Bantuan yang akan diterima oleh dua desa yakni masing-masing desa menerima empat unit komputer lengkap, speaker, buku berserta rak tempat susunannya.

Kepala Dinas Perpustakaan BS, Srigusti Sabana mengatakan, bantuan tersebut akan diterima masing-masing desa diperkirakan bulan September. Hal tersebut dikatakan usai dirinya menemui langsung pihak Perpusnas beberapa waktu lalu.

"Untuk tahun 2020 ini, kita hanya dua desa yang diakomodir bantuan Perpusnas. Sebab ini dipicu dengan adanya pandemi covid-19, hal itu membuat bantuan dari lima desa yang diusulkan menjadi dua desa," kata Sriusti yang akrab dipanggil bunsu gadis ini, Minggu (12/07).

Dijelaskannya, dipilihnya dua desa tersebut, karena diantara kelima desa yang diusulkan paling memenuhi kriteria. Seperti, memiliki jaringan internet desa yang baik dan aktif, bahkan web desa sangat mendukung.

"Dari lima desa hanya dua desa yang memenuhi kriteria, dan bantuan akan diterima oleh desa pada September ini. Saya sudah koordinasi langsung dengan pihak Perpusnas minggu lalu," jelasnya.

Selain itu, dengan adanya bantuan perlengkapan perpustakaan desa tersebut, Perpustakaan daerah BS mengharapkan pihak desa yang menerima bantuan dapat memaksimalkannya. Bahkan melalui perpustakaan desa yang aktif dapat memberdayakan masyarakat desa dengan ekonomi kreatif.

"Harapannya pihak desa dapat memaksimalkannya, nanti kalau memang memungkinakan desa dapat mengikuti lomba tingkat nasional, dengan pemberdayaan perpustakaan desa melalui masyarakat desanya," Imbuh Bunsu.

Sementara itu, pihak Desa Tanjung Eran dan Lubuk Sirih Ulu berjanji akan meningkatkan pengelolaan perpustakaan desa dengan bantuan sarana yang baru.

"Yang pastinya peningkatan belajar di desa akan lebih maksimal dari buku-buku diperpustakaan, juga adanaya latihan latihan nantinya," tutup Kades Tanjung Eran, Rudi Hartono. [ogi]


Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00