Cadangan Pangan Hanya 50 Ton, Pemerintah Desa Diminta Siapkan Lumbung Pangan

Daerah  SABTU, 11 JULI 2020 , 09:53:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Cadangan Pangan Hanya 50 Ton, Pemerintah Desa Diminta Siapkan Lumbung Pangan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan BS, Iskandar/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dalam masa menjalani kehidupan new normal akibat dampak dari virus covid-19,  ketahanan pangan masing-masing daerah sedikit terpengaruh, tidak terkecuali di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS).

Oleh sebab itu, Pemkab BS melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) meminta pemerintah desa siapkan cadangan pangan.
Menurut Undang Undang 18 tahun 2012 tentang Pangan, untuk meningkatkan kemampuan memproduksi Pangan secara mandiri.

Atas itu la, Pemkab BS mengajak masyarakat desa memproduksi pangan secara mandiri dan pemerintah desa menyiapkan cadangan pangan agar pangan bagi warga bisa teratasi.

Kepala DKP BS, Iskadar, mengatakan cadangan pangan pemerintah BS saat ini hanya 50 ton, sedangkan minimal cadangan pemerintah seharusnya minimal 100 ton. Oleh sebab itu, untuk menghindari apabila ada krisis ataupun bencana di daerah, Pemkab BS meminta seluruh pemerintah desa di 11 Kecamatan BS menyiapkan cadangan pangan.

"Persiapan untuk antisipasi bila terjadi kemarau, untuk itu pemerintah desa siapkan cadangan pangan minimal 5 sampai 10 persen dari cadangan pemerintah," kata Iskandar belum lama ini.

Sebelumnya Dinas Pertania BS juga, meminta masyarakat di 142 desa BS memaksimalkan lumbung pangan desa. Bahkan, pihaknya menginstruksikan semua Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di 11 kecamatan BS untuk mensosialisasikan ke semua masyarakat desa.

Untuk saat ini, Dinas Pertanian meyakini dengan luas lahan pertanian padi sebanyak 5100 hektar di 11 kecamatan BS dapat mencukupi kebutuhan pangan BS. Untuk itu dalam masa pandemi ini agar masyarakat desa tidak menjual gabah ke luar daerah.

"Kalau lumbung pangan setiap desa dimaksimalkan dan tidak menjual gabah ke luar daerah pangan di BS masih tercukupi,  dengan luasan lahan yang ada saya rasa masih mampu," tutup kepala Dinas Pertanian Silustro. [ogi]


Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00