Dewan Apresiasi Langkah Pemkot Terapkan Smart City Di Era New Normal

Pemerintah Kota Bengkulu  KAMIS, 09 JULI 2020 , 10:49:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Dewan Apresiasi Langkah Pemkot Terapkan Smart City Di Era New Normal

Waka Komisi III DPRD Kota, Dediyanto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu yang bekerjasama dengan PT XL Axiata untuk menerapkan Smart City di era new normal mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk dari legislatif. Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota, Dediyanto mengaku sangat mengapresiasi langkah yang diambil Walikota Bengkulu, Helmi Hasan di era new normal ini.

Seperti diketahui bahwa Pemkot Bengkulu sepakat bekerjasama untuk membentuk program seperti program sisternet untuk UMKM kaum pemberdayaan perempuan, aplikasi laut nusantara, gerakan donasi kuota berupa modem gratis ke sekolah, tracking untuk ambulans, sensor termal untuk mengetahui virus corona dan masih banyak lagi program lainnya yang kesemuanya langsung terintegrasi dengan aplikasi.

"Kami sangat mengapresiasi langah yang diambil pemerintah. Semua program yang akan diterapakan pada Smart City ini sangat pas dan memudahkan masyarakat di kondisi new normal ini," ucapnya kepada RMOLBengkulu, Kamis (08/07).

Ia pun berharap program-program yang digagas dalam Smart City ini nantinya dapat semakin membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Yang pasti kita berharap supaya program ini dapat mendatangkan manfaat yang nyata bagi masyarakat. Kemudahan-kemudahan di berbagai lini seperti kesehatan, pendidikan dan kelautan ini saya pikir akan semakin meningkatkan kesejahteraaan masyarakat," paparnya.

Sementara itu Walikota Bengkulu Helmi Hasan merespon positif aplikasi terintegrasi yang akan diterapkan nanti. Menurutnya, penerapan Smart City new normal menjadi solusi bagi pemerintah dan masyarakat dalam memajukan daerah.

Ini sangat bagus untuk segera diterapkan di Kota Bengkulu. Contohnya, di bidang kesehatan, kita juga sudah punya 25 unit ambulans, ini tinggal diintegrasikan saja. Begitu juga dengan bidang pendidikan dan kelautan yang bisa kita kembangkan melalui aplikasi terintegrasi ini,” ujar Helmi.

Senada, Plt Kadis Kominfo dan Persandian Eko Agusrianto menyampaikan, dengan adanya kerjasama pada bidang pendidikan tadi tentunya akan mempermudah kegiatan belajar mengajar yang selama ini melalui tatap muka, disupport PT XL Axiata dalam pembelajaran jarak jauh melalui kuota gratis.

Begitu juga dengan Aplikasi Laut Nusantara, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan. Nelayan tidak perlu khawatir lagi ketika melaut tidak dapat ikan, karena aplikasi ini memberi signal tempat kerumunan ikan,” kata Eko.

Untuk diketahui jika dalam melakukan kerjasama dengan pihak XL Axiata ini, Walikota Helmi turut didampingi oleh beberapa pejabat yang nantinya akan berhubungan langsung dengan program Smart City. Diantaranya yaitu Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Bengkulu, Dediyanto, Plt Kadis Kominfo dan Persandian Eko Agusrianto, Kadis Kelautan dan Perikanan Syafriandi, Kadis Kesehatan Susilawaty, Kadis Pendidikan Rosmayetti, Kabid Pengelolaan IKP Kominfo Nugroho Tri Putra, Kabag Keuangan DPRD Syaiful Anwar, Kabag administrasi umum DPRD Denny Martin dan Tim Percepatan Pembangunan Kota Bengkulu Saeed Kamyabi. [ogi]

Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00