Di Tengah Covid-19, Ratusan Tenaga Kesehatan Malah Belum Terima SK

Datangi Rumah Dinas Bupati

Daerah  RABU, 08 JULI 2020 , 18:54:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Di Tengah Covid-19, Ratusan Tenaga Kesehatan Malah Belum Terima SK

Tampak para TKS saat berada di Rumdin Bupati/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sedikitnya 140 orang Tenaga Kerja Sukarela (TKS) yang tergabung dari seluruh Puskesmas Se - Bengkulu Selatan (BS) lansung mendatangi rumah dinas (Rumdin) Bupati di Lapangan Sekundang Kota Manna, Rabu (08/07).

Kedatangan ratusan TKS tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, di tengah ancaman Covid-19 ini, SK TKS belum diterbitkan Bupati BS Gusnan Mulyadi.

Baca : Adik Bupati Dikabarkan Siram Air Cabai Ke ASN Disnakertrans

Pasahal, SK itu sebagai landasan dalam menjalankan tugas sekaligus menunggu kejelasan nasib ratusan TKS tersebut.

Selain berharap terbitnya SK dari Bupati, rombongan TKS yang terdiri dari tenaga bidan, perawat, analis kesehatan dan tenaga lainnya ini juga berharap agar dapat menerima honor/insentif dari pemerintah daerah.

Ketua Forum TKS Puskesmas BS, Asrikin mengatakan, selama ini pihaknya selalu berkerja sesuai dengan jam dinas, terlebih lagi selama masa pandemi Covid-19 ini para TKS juga bertugas menjaga posko, bahkan mengunjungi setiap orang yang baru pulang dari luar daerah untuk menghindari virus Corona itu.

"Kedatangan kami ini minta pada Bupati agar SK kami di terbitkan, karena ketika ada pergantian kepala dinas ataupun pergantian kepala Puskesmas, kami tidak ikut diberhentikan. Jadi kami ini ada landasan dalam berkerja," sampai Asrikin mewakili para TKS tersebut.

Sementara itu, Bupati BS Gusnan Mulyadi, mengaku selama ini tidak mengetahui adanya TKS dimasing-masing Puskesmas. Sebab Gusnan menyebutkan selama ini ia tahu hanya ASN yang berkerja di Puskesmas.

Baca juga : Penghuni Rumah Nelayan Akan Ditertibkan

Oleh karenanya, dengan adanya kedatangan para TKS itu, Bupati akan siap membantu para TKS tersebut sesuai dengan tuntutan yang di sampaikan.

"Nanti akan dikeluarkan SK Bupati, layaknya SK yang telah diterima kawan-kawan guru. Secepatnya akan kita bahas bersama Forum TKS, Dinas dan bagian hukum. Namun untuk honor berhubungan keterbatasan anggaran, kita akan anggarkan di tahun depan dan besarnya belum tahu, yang jelas ada. Meski jabatan saya berakhir di pertengahan Februari 2021, namun perencanaan kegiatan tahun 2021 masih di masa jabatan saya," ucap Bupati.

Dalam berita acara rapat dengar pendapat yang ditandatangani oleh ketua Forum TKS Puskesmas, Asrikin dan Bupati tertera bahwa Bupati menyetujui untuk dikeluarkan SK pada Bulan November 2020 dengan tetap mempedomani peraturan perundang-undangan berlaku.

Setelah diterbitkan SK Bupati, honor/insentif TKS akan diusulkan pada APBD dan akan direalisasikan pada Januari 2021. [tmc]

Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00