Kesehatan Hewan Kurban Bakal Diperiksa Jelang Idul Adha

Daerah  SELASA, 07 JULI 2020 , 07:56:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Kesehatan Hewan Kurban Bakal Diperiksa Jelang Idul Adha

Drh Ferdi Ferdian saat memberikan vaksin terhadap hewan peliharaan/Ist

RMOLBengkulu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, bakal mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban di sejumlah lokasi penjualan menjelang hari raya Idul Adha. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan bahwa hewan kurban tersebut layak.

Kabid Petenakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Lebong, Drh Ferdi Ferdian mengatakan, pemeriksaan hewan kurban adalah rutinitas. Meskipun saat ini di tengah ancaman Covid-19, pihaknya akan tetap melaksanakan pemeriksaan hewan kurban mulai H-1 Idul Adha.

"Ya, menjelang idul adha tahun ini kita akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Pemeriksaan biasanya kita lakukan pada H-1 dan di hari H Idul Adha nanti," kata Ferdi, saat dikonfirmasi Senin (6/7) kemarin.

Dalam pemeriksaan ini, lanjut Ferdi, pihaknya akan menurunkan empat tim. Di mana satu tim berjumlah 3 hingga 4 orang.

Pada H-1 pihaknya akan mulai melakukan pendataan sekaligus melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban sebelum dipotong di Hari Raya Idul Adha.

Adapun tujuan pemeriksaan guna memastikan daging yang dikonsumsi masyarakat jelang idul adha dalam keadaan sehat, tidak cacat, dan tidak ada kelainan apapun. Sebab, syarat utama hewan kurban harus sehat 100 persen tanpa cacat.

"Apabila ditemukan hewan yang dalam kondisi kesehatan tidak sehat, maka kita akan meminta kepada orang yang bersangkutan untuk mengganti atau tidak mengurbankan hewan tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena kondisi hewan yang akan dikurbankan harus sehat 100 persen. Jadi apabila ditemukan ada penyakit cacing hati akan kita rekomendasikan agar hatinya  dibuang dan tidak dibagikan kepada masyarakat nantinya," pungkasnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00