Mutakhirkan Data Pemilih, KPU Kaur Gelar Rapat Bersama PPS

Politik  SENIN, 06 JULI 2020 , 15:57:00 WIB | LAPORAN: DESI FATRIANSYAH

Mutakhirkan Data Pemilih, KPU Kaur Gelar Rapat Bersama PPS

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaur, menggelar rapat koordinasi terkait pemutakhiran daftar pemilih bersama Panitia Pemungutan Suara  (PPS) Di Gedung Serbah Guna Padang Kempas, Senen (6/7).

Daftar pemilih merupakan elemen yang sangat penting dalam penyelengaraan pemilihan kepala daerah. Baik dan buruknya daftar pemilih akan mempengaruhi kualitas penyelenggaraan dan kualitas hasil pemilu. Jika daftar pemilihnya tidak baik, dapat dipastikan proses dan hasil pemilu akan tidak baik. Sebaliknya dengan daftar pemilih yang berkualitas, proses dan hasil pemilu akan menjadi lebih baik.

Berkaca pada pengalaman penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah sebelumnya, daftar pemilih selalu menjadi salah satu alasan bagi peserta pemilu yang kalah untuk mengajukan gugatan hasil pemilu di Mahkaman Konstitusi (MK), tentu KPU harus lebih serius dalam melakukan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih. Kekurangan dan kendala-kendala yang dihadapi dalam proses penyusunan daftar pemilih pada pemilu sebelumnya harus dijadikan acuan bagi penyelenggara pemilu untuk tidak terulang kembali pada pemilu atau pemilihan kepala daerah berikutnya.

Dalam Rapat koordinasi dihadiri  Panwaslu Kabupaten Kaur dan PPS, membahas tentang tahapan terkait data pemilih dalam rapat diinfentarisir permasalahan yang akan timbul di lapangan dan secara bersama-sama mencari solusinya.

Ketua KPU Kabupaten Kaur, Meixxy Risdianto yang membuka rapat ini mengatakan, bahwa kegiatan ini dilakukan guna membahas persiapan untuk memasuki masa pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, Bupati dan wakil Bupati Kaur yang akan diselenggarakan serentak pada 2020 .

"Rapat ini kita lakukan untuk mempersiapkan keperluan pendukung di Pilkada 2020 . Sekaligus kita mempersiapkan petugas PPS yang akan terjun ke seluruh wilayah di Kaur agar pahaman dalam pemutakhiran data di desa masing-masing sehingga bisa bekerja dangan maksimal," jelasnya.

Rapat Koordinasi ini sangat penting dilaksakan untuk membantu kerja teman- teman di lapangan  dalam pelaksanaan Pemutakhiran Data akan  mempermudah pekerjaan teman- teman di KPU Kabupaten Kaur, untuk itu perlu adanya koordinasi yang baik dalam pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih.

Bagi KPU data pemilih ini basis data yang paling awal, untuk melakukan tahapan awal untuk anggaran logistik dan berbagai perlengkapan pemilih lainnya.Tentu tugas itu cukup berat karena kita memberikan ekspektasi yang cukup tinggi untuk data pemilih yang lebih baik. [ogi]

Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00