Jalan Rp 15 Miliar Tak Kantongi Rekomendasi Layak Lingkungan Dari Komisi Amdal

Daerah  SABTU, 04 JULI 2020 , 05:05:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Jalan Rp 15 Miliar Tak Kantongi Rekomendasi Layak Lingkungan Dari Komisi Amdal
RMOLBengkulu. Proyek pembangunan jalan hotmix senilai Rp 15 miliar yang dibangun tahun 2019 lalu di ruas jalan Desa Tambang Saweak-Ketenong sepanjang 6 Km, nampaknya memang dipaksakan.

Sebab, Komisi Amdal Kabupaten Lebong memastikan sejak awal tahun 2019 hingga Jum'at (3/7) kemarin pihaknya tidak pernah mengeluarkan rekomendasi layak lingkungan untuk dokumen Amdal pembangunan jalan tersebut.

"Kita tidak pernah mengeluarkan rekomendasi layak lingkungan atas dokumen jalan amdal," kata Ketua Komisi Amdal Kabupaten Lebong, Zamhari melalui Kepala Sekretariat, Rozi kepada RMOLBengkulu, kemarin (3/7) siang.

Lanjut dia, Komisi Amdal Lebong sifatnya hanya menunggu pengajuan dari pemerkasa usaha dan setiap usulan yang masuk akan diproses, dan jika dokumennya belum lengkap maka akan dikembalikan untuk dilengkapi.

"Semestinya begitu, pembangunan harus ada rekomendasi layak lingkungan atas dokumen jalan amdal. Tapi, sejauh ini tak ada," tuturnya.

Untuk diketahui, Camat Pinang Belapis Herwantoni sebelumnya menyebutkan, proyek senilai Rp 15 miliar lebih yang dikerjakan PT Pebana Adi Sarana yang bersumber dari APBD Provinsi Bengkulu terancam amblas dan putus. Itupun setelah bahu jalan mengalami longsor.

Lokasinya terletak di Desa Tambang Saweak atau 2 Km dari Desa Ketenong Kecamatan Pinang Belapis, persisnya di tebing 3 basuak. [tmc]



Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00