Dua PPS Reaktif Belum Pemeriksaan Swab

Daerah  KAMIS, 02 JULI 2020 , 07:58:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Dua PPS Reaktif Belum Pemeriksaan Swab

Pelaksanaan rapid test belum lama ini/Ist

RMOLBengkulu. Dua orang petugas PPS (Panitia Pemungutan Suara) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong, yang dinyatakan reaktif saat menjalani rapid test Covid-19, Sabtu (26/6) lalu belum dilakukan pemeriksaan uji swab.

Kadis Kesehatan Kabupaten Lebong, Rachman mengungkapkan, walaupun belum dilakukan uji swab pihaknya tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan Dinas Kesehatan. Petugas yang dinyatakan reaktif diminta untuk isolasi mandiri selama 14 hari.

"Belum, tapi kita sudah minta isolasi mandiri. Nanti akan dirapid ulang," jelasnya, kemarin (1/7).

Dia mengutarakan, pengambilan Swab belum dilakukan lantaran masih menunggu tim Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu turun.

Lebih jauh, hasil tersebut belum bisa memastikan apakah seseorang tersebut positif atau negatif terinfeksi virus corona.

Jika seseorang mendapatkan hasil rapid test reaktif belum tentu ia berarti positif. "Masih menunggu propinsi," singkatnya.

Untuk diketahui, KPU Kabupaten Lebong menggelar rapid test massal untuk 312 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 mendatang.

Hasilnya, sebanyak 2 dari 312 petugas yang dirapid test dinyatakan reaktif. Kedua PPS itu bertugas di Kecamatan Bingin Kuning, dan Kecamatan Lebong Selatan.

Meski hasil tes mereka reaktif tapi KPU Lebong tidak akan memberhentikan para petugas ini. Hal itu sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh KPU RI.

Anggota yang hasilnya reaktif untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sambil menunggu hasil swab yang dilakukan oleh tim gugus tugas serta dibebastugaskan dari kegiatan verifikasi faktual (Verfak). Sedangkan, tugasnya akan digantikan dua PPS lainnya.

Verfak data dukungan pasangan bakal calon perseorangan Pilkada 2020, tetap berjalan sesuai jadwal. Dimulai dari tanggal 29 Juni sampai 12 Juli 2020. [tmc]



Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00