Dibalik WTP Ada Temuan BPK, OPD Diberikan Waktu Perbaikan

Daerah  KAMIS, 02 JULI 2020 , 07:27:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Dibalik WTP Ada Temuan BPK, OPD Diberikan Waktu Perbaikan

Rapat di Inspektorat/Ist

RMOLBengkulu. Dibalik penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diraih Kabupaten Lebong, tetapi masih ada beberapa catatan yang wajib diselesaikan. Pasalnya, ada beberapa temuan di jajaran Operasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lebong, yang berkaitan dengan hal sistem pengendalian internal (SPI).

Hal ini terungkap ketika Pemkab Lebong mengadakan rapat kerja dengan belasan OPD di ruang rapat internal Kantor Inspektorat, Rabu (1/7).

Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong,  Mustarani mengatakan, pada saat penerimaan WTP tahun 2020 atas laporan kerja (LK) tahun 2019, ada temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dengan beberapa cacatan yang harus dipenuhi OPD.

Temuan tersebut, kata Sekda, yakni kebanyakan pada kepatuhan SPI terhadap tetentuan-ketentuan berlaku dalam pengelolaan keuangan daerah yang harus diperbaiki oleh Pemkab Lebong.

"Ya, alhamdulillahnya itu bukan SPI yang berulang, tetapi SPI temuan sekarang ini. Maka kami mengadakan rapat pembahasan ini dengan OPD di Inspektorat agar menghilangkan temuan tersebut dari buku temuan dari BPKRI," kata Mustarani, dikonfirmasi usai memimpin rapat di ruang rapat Inspektorat daerah Lenong, kemarin (1/7).

Tambahnya, terkait dengan catatan beberapa OPD secara tehnik disampaikan langsung oleh OPD terkait. Regulasinya itu tetap ditindaklanjuti .
Tetapi pada hari ini dirinya tidak ingin seperti itu, jadi progresnya dilihat dari sekarang pihaknya memberi catatan dan waktu untuk ditindaklanjuti.

"Tetap ditindaklanjuti, kita beri waktu seminggu kepada OPD untuk segera menyelesaikan temuan terhadap PSI tersebut. Seperti tenggang waktu yang diberikan BPKRI," pungkasnya.

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Lebong, Jauhari Chandra menghimbau, hasil temuan BPK ini harus segera ditindak lanjuti oleh perangkat daerah. Namun, hasil temuan ini bergantung dari masing-masing dinas, apakah akan merespon dengan sungguh-sungguh atau hanya asal asalah saja.

’’Jadi dealine perbaikan itu adalah waktu yang menentukan bagi dinas-dinas yang telah diberikan rekomendasi catatan oleh BPK RI,’’ singkatnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00