MUNAS JMSI I

Lewat JMSI, Menkominfo Ajak Media Bangun Peradaban Baru Yang Bermutu

Nusantara  SELASA, 30 JUNI 2020 , 08:00:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Lewat JMSI, Menkominfo Ajak Media Bangun Peradaban Baru Yang Bermutu

Dirjen Informasi dan Komunikasi, Widodo Muktiyo/Repro

RMOLBengkulu. Musyawarah Nasional (Munas) I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) yang digelar secara virtual pada hari ini, Senin (29/6) mendapat apresiasi dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate.

"Atas nama Menkominfo RI, saya menyampaikan pesan dari Pak Menteri, kami mengapresiasi, mengucapkan selamat kepada teman-teman JMSI yang sudah berhasil berkumpul dan membuat organisasi, ini adalah organisasi yang sangat penting," terang Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi, Widodo Muktiyo, mewakili Menkoinfo.

Menteri Johnny pada JMSI, kata Widodo Muktiyo menyampaikan harapan. Menteri Johnny mengurai bahwa media adalah cerminan peradaban bangsa Indonesia di tengah derasnya arus informasi pada masa pandemik Covid-19.

"Media yang teman-teman miliki ini semua adalah cerminan dari peradaban bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia ini akan dilihat peradabannya, salah satunya di era Covid-19 ini adalah bagaimana komunikasi virtual kita," tegasnya.

Dunia digital, kata Widodo, memiliki peranan vital sekaligus ancaman yang tidak kalah serius jika tidak dibarengi dengan prinsip-prinsip kehati-hatian dan peningkatan kualitas.

Media siber, kata dia, dengan berbagai tantangan yang menghinggapi akan tetap menjadi mitra pemerintah dalam menegakkan pilar keempat demokrasi.

Pilar itu adalah memastikan bagaimana kebebasan kita berpendapat di dalam media siber ini menjadi tantangan baru yang punya peluang dan harapan sekaligus.

"Ini harus ditata betul. Jangan sampai di tengah Covid-19 ini ada infodemik. Di mana kebanyakan informasi yang akhirnya kita seringkali bingung mana informasi yang harus kita telan, dan harus kita abaikan," tuturnya.

Menkominfo, sambung Widodo, sangat berharap kepada JMSI di Munas pertamanya ini untuk bergotong-royongan bersama pemerintah menangani derasnya arus informasi tentang Covid-19.

"Bagaimanapun juga masyarakat membutuhkan informasi yang bermutu. Informasi yang harus diolah berdasarkan kaidah-kaidah jurnalistik yang baik," harapnya.

"Oleh sebab itu, saya bersama bapak-ibu temen-temen semuanya (JMSI). Mari kita bangun peradaban baru kita di Indonesia itu dengan sama-sama meningkatkan mutu," demikian Widodo dilaporkan Kantor Berita RMOLBanten. [tmc]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00