Satu Desa "Tolak" Bansos Bahan Pokok APBD

Daerah  SELASA, 30 JUNI 2020 , 07:53:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Satu Desa

Kepala Bidang (Kabid) Sosial, Yasir Hadibroto saat menyerahkan bantuan/Ist

RMOLBengkulu. Sebanyak satu dari 93 desa yang tersebar di 12 kecamatan di wilayah Kabupaten Lebong, menolak atau tidak mengusulkan paket bantuan sosial (bansos) bahan kebutuhan pokok  yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lebong, bagi warga masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Penolakan itu lantaran warga atau masyarakat keluarga penerima manfaat (KPM) di desa itu secara keseluruhan telah tercover dari bansos selain APBD Lebong.

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Kabupaten Lebong, Reko Haryanto melalui Kepala Bidang (Kabid) Sosial, Yasir Hadibroto menyebutkan, ada satu desa di Kabupaten Lebong yang memang tidak ikut mengusulkan bansos APBD Lebong.

"Ya, hal itu mungkin dikarenakan kouta keluarga penerima manfaat di desa itu sudah terkaper dari bansos lainnya," kata Yasir, kemarin.

Ia menerangkan, satu desa yang tidak mengusulkan paket bansos bahan kebutuhan pokok APBD Lebong bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19 tersebut, yakni Desa Ketenong Jaya Kecamatan Pinang Belapis.

Pasalnya, seluruh warga desa di tersebut sudah tercover oleh bansos selain APBD Lebong. Berpedoman dengan peraturan PMK 50 tahun 2020 KPM tidak diperbolehkan mendapat bantuan secara doble atau berlapis. Maka desa tersebut tidak mengusulkan bantuan bahan pokok dari APBD.

"Mungkin pihak desa tidak mengusulkan sudah terkaper dari bansos lainnya dan juga takut KPM menerima bansos berlapis," tandasnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00