Pemerintah Desa Batu Bandung Sukses Salurkan BLT DD Hingga Tahap Ke Tiga

Daerah  SENIN, 29 JUNI 2020 , 14:54:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Pemerintah Desa Batu Bandung Sukses Salurkan BLT DD Hingga Tahap Ke Tiga

Poto bersama saat penyerahan BLT DD/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Patut diapresiasi kinerja pemerintah Desa Batu Bandung, Kecamatan Pino, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Yang telah mendaratkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) dengan sempurna hingga ditahap ke tiga.

Seperti ditahap satu dan dua, tahap terakhir ini pun terealisasi dengan baik, tanpa menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat. Terlebih lagi, setengah dari penerima BLT DD mayoritas berusia lansia, yang memang sangat membutuhkan bantuan.

"Pembagian BLT DD tahap tiga ini sudah kita salurkan, secara peribadi saya ucapkan terima yang sebesar-besarnya kepada warga yang telah ikut berpartisipasi dalam menyalurkan BLT DD ini, hingga penyaluran ditahap tiga ini berjalan sesuai dengan harapan," kata Pjs kepala desa Batu Bandung, Ersan Andri. Usai penyaluran itu, Senin (29/06).

Tidak hanya itu, dipengalokasian DD sebesar 25 persen dari pagu DD yang ada. Pemerintah Desa Batu Bandung sudah menyiapkan jika ada bantuan tambahan, sebesar Rp 300 ribu selama tiga bulan kedepan.

"Sudah kita siapkan, untuk penambahan BLT DD sebesar Rp. 300 ribu per bulan. Namun saat ini kita masih menunggu peraturan agar tidak terjadi kesalahan dikemudian hari, jika nanti ada ada penambahan akan kita sampaikan ke warga," imbuhnya Ersan.

Sementara itu, Camat Pino, Surahman menyampaikan, dengan adanya peraturan permendes no 07 bahwa dana desa diperpanjang selama 3 bulan. Namun dengan nominal yang berbeda sebesar Rp. 300 ribu per bulan selama tiga bulan.

"Ya, berdasarkan permendes no 07, untuk penyaluran BLT ditambah menjadi 6 bulan, dengan besaran 300 ribu per bulan untuk tambahan, namun untuk mekanisme penyaluran selama tiga bulan ke depan, masih menunggu peraturan Bupati masalah penambahan ini," sampai Camat yang juga ikut hadir di kegiatan tersebut.

Namun, tidak semua desa yang bisa memperpanjang masa penyaluran BLT DD tersebut. Sebab, Terkhusus di kecamatan Pino pada saat ini sudah ada beberapa desa yang sudah maksimalkan 25 persen dari DD untuk bantuan dampak Covid-19 itu.

Sementara itu, ditambahkan Babinsa. Pihaknya sangat mengapresiasi kinerja pemerintah desa Batu Bandung, atas keberhasilan penyaluran BLT DD dari awal hingga akhir penyaluran BLT DD Rp 600 per bulan ini yang berjalan dengan baik.

"Kepada pemerintah Dasa Batu Bandung kami dari Babinsa dan Babinkamtibmas, sangat mengapresiasi, yang mana pada penyaluran BLT ini tidak menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat," tutup Babinsa Serda Saten. [ogi]


Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00