Baru Dibangun, Jalan Rp 15 Miliar Terancam Amblas

Daerah  SENIN, 29 JUNI 2020 , 08:31:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Baru Dibangun, Jalan Rp 15 Miliar Terancam Amblas

Tanah di tebing 3 basuak longsor/Ist

RMOLBengkulu. Proyek senilai Rp 15 miliar lebih yang bersumber dari APBD Provinsi Bengkulu yang baru rampung dibangun tahun 2019 lalu sudah  terancam amblas dan terancam putus.

Lokasinya terletak di Desa Tambang Saweak menuju atau 2 Km dari Desa Ketenong Kecamatan Pinang Belapis, persisnya di tebing 3 basuak.

Paket kegiatan pembangunan Jalan Hotmix di Desa Tambang Saweak Ketenong sepanjang 6 Km dengan pagu Rp 15 miliar tersebut milik Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu.

"Ruas jalan yang terancam amblas itu masuk  jalan provinsi. Itu menghubungkan beberapa desa di Kecamatan Pinang Belapis. Ruas jalan yang terancaman amblas itu tepatnya berada di Desa Tambang Saweak atau Tebing 3 basuak," kata Camat Pinang Belapis Herwantoni, kemarin (27/6).

Menurut dia, jalan yang baru selesai dibangun itu bisa saja amblas jika tanah di tebing 3 basuak tersebut tidak segera diatasi.  Minimal segera dibangun pelapis tebing. Agar tanah di bawah jalan tersebut tidak longsor.

"Iya dari APBD Provinsi. Jalannya masih bagus, tapi ada longsor di pinggir jalannya," bebernya.

Dia mengingatkan, untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya pergerakan tanah susulan. Pasalnya, ketinggian tebing itu mencapai 20 meter.

"Karna kemarin di tebing 3 basuak longsor. Jadi, area jalan itu beresiko dan bisa membawa dampak pada ruas jalan yang baru saja dibangun. Jadi warga harus waspada,” imbaunya. [tmc]



Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00