Legislatif Kritik Penyaluran Bansos Covid-19: Banyak Data Tidak Akurat

Minta Nama-nama Penerima Diumumkan

Daerah  MINGGU, 28 JUNI 2020 , 17:32:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Legislatif Kritik Penyaluran Bansos Covid-19: Banyak Data Tidak Akurat

Wilyan Bachtiar/Ist

RMOLBengkulu. Ketua Komisi I DPRD Lebong, Wilyan Bachtiar mengaku menerima banyak laporan dari masyarakat mengenai penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) corona yang tidak tepat sasaran.

Dia meminta agar para kades, lurah ataupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait membeberkan nama-nama penerima bantuan Covid-19.

Baik itu bansos berupa Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Termasuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), serta paket bansos pangan yang bersumber dari APBD Kabupaten Lebong.

"Kades dan Lurah harus terbuka masalah daftar nama-nama penerima bantuan. Dengan menempelkan nama-nama penerima BLT Kemensos, BLT DD, PKH, Dana Lansia, Sembako Pemkab," katanya, Kemarin (26/6).

Politisi partai Perindo ini mengapresiasi upaya pemerintah pusat, provinsi dan daerah yang menggelontorkan bantuan. Namun dia berharap bantuan itu benar-benar sampai kepada orang yang benar-benar membutuhkan, dimulai dengan data yang akurat sebagai rujukan.

Sebagai wakil masyarakat, ia menyatakan menerima banyak keluhan masyarakat, umumnya terkait belum sampainya bantuan yang dijanjikan pemerintah.

"Karena ditemukan, masih banyak pendataan yang tidak akurat, sehingga bantuan tidak tepat sasaran," tegasnya.

Ada pula keluhan terkait data penerima bantuan yang dinilai tidak akurat sehingga ada warga tidak mampu yang terlewatkan. Sebaliknya, ada warga yang masuk daftar penerima bantuan padahal mampu secara materi.

"Masih banyak warga yang layak menerima tapi tidak mendapatkan bantuan, sementara nyata adanya yang tidak layak menerima terdaftr sebagai penerima," ungkapnya.

"Nyata juga adanya, BLT DD Rp 600 ribu dibagi kepada 2 penerima manfaat, kedua temuan ini adalah pelanggaran UU Pemdes n Perpu 2020. Kita apresiasi kepada Kades yang transparan dan sudah menunjukkan kinerja terbaiknya," demikian Wilyan. [tmc]



Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00