Cegah Korupsi Bansos, Peran Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Penting

Daerah  JUM'AT, 26 JUNI 2020 , 08:56:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Cegah Korupsi Bansos, Peran Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Penting

Ilustrasi/Net

RMOLBengkulu. Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang, Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Wawan Fernandez mengajak babinsa dan bhabinkamtibmas di desa-desa terlibat mengawal penyaluran bantuan sosial (bansos) dampak covid-19 agar tidak ada penyimpangan.

Baik itu bansos yang bersumber dari Angggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020.

"Peran babinsa dan bhabinkamtibmas  turut mengawal bansos dalam rangka penyelamatan kesehatan, social safety net, maupun pemulihan ekonomi. Tiga hal itu, masing masing memiliki mekanisme bantuan sosial yang berbeda-beda," jelas Wabup, Selasa (23/6).

Ia menilai penyaluran bansos di Lebong sudah baik. Hal ini terungkap banyaknya warga yang secara sadar mengembalikan bantuan ketika merasa tidak berhak menerima. Pun menolak bantuan apabila masuk daftar penerima ganda.

"Makanya, saya mengajak instansi vertikal seperti Polres dan Kodim 0409 Rejang Lebong melalui bhabinkamtibmas dan babinsa untuk sama-sama mengawal dana Covid-19 sehingga tidak lagi terjadi kekisruhan dalam penyaluran di tengah masyarakat," bebernya.

Ia berharap,wabah pendemi Covid-19 ini cepat berakhir, agar kita semua dapat bekerja untuk membangun ekonomi di kampung ini dengan normal.    

"Agar seluruh masyarakat tetap mematuhi aturan yang ada, yaitu dengan tetap menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan setiap selesai beraktivitas, selalu gunakan masker bila harus beraktivitas diluar rumah, hindari kerumunan orang banyak dan tetap rajin berolahraga untuk menjaga stamina tubuh agar selalu terhindar dari berbagai penyakit, khususnya Virus Covid-19," tuturnya. [tmc]



Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00