60 Persen KIA Di BS Sudah Tercapai

Daerah  SENIN, 22 JUNI 2020 , 12:17:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

60 Persen KIA Di BS Sudah Tercapai

Gunawan Suryadi/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sejak diberlakunya Kartu Identitas Anak (KIA) sebagai salah satu syarat pendaftaran masuk sekolah, baik itu tingkat SD, SMP dan SMA. Kantor Dinas Catatan Sipil Dan Kependudukan (Disdukcapil) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) disibukkan pembuatan KIA.

"Sejak diberlakun administrasi KIA Alhamdulillah respon masyarakat cukup banyak, apa lagi saat penerimaan siswa baru. Sebab KIA salah satu syarat untuk mendaftar sebagai siswa baru," kata kadis dukcapil Gunawan Suryadi, Senin (21/06).

Kartu KIA yang diberlakukan pada 21 Mei 2019 lalu itu, merupakan identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah.

"Kalau yang belum menikah dan masih di bawah umur 17 tahun kebawah itu diwajibkan mempunyai KIA sebagai indentitas," imbuhnya.

Tertib administrasi KIA itu, jauh sebelum penyebaran covid-19 mulai disosialisasikan oleh Disdukcapil BS, tercatat sebanyak 54 ribu jumlah anak yang ada di BS saat ini lebih dari 27 ribu akan yang mempunyai KIA.

Disisi lain, Dukcapil juga berkerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di BS untuk mempercepat tertib administrasi KIA tersebut.

"Sebelum covid-19 kita sudah berkerjasama dengan pihak sekolah untuk tertib KIA, saat ini sudah 60 persen anak di BS sudah mempunyai KIA," pungkasnya. [ogi]


Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00