Ada Gula Merah Di Balik Bantuan Sosial

Daerah  SELASA, 16 JUNI 2020 , 12:57:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Ada Gula Merah Di Balik Bantuan Sosial

Tampak saat warga berorasi di balai desa Padang Lebar/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Ditengah wabah virus Corona atau Covid-19 yang membuat dampak ke masyarakat luas, sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk membantu masyarakat yang terdampak.

Akan tetapi, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) yang menangani bantuan tersebut. Ternyata ada hal cukup menarik perhatian yang dilakukan oknum Dinsos di tengah masyarakat, serta cukup mengarahkan ke pungli.

Berdasarkan dari informasi warga, saat oknum melakukan pendataan bantuan warga diminta memberikan gula merah atau gula aren sebanyak sepuluh buah sebagai penebus bantuan sosial dari Kemensos atau BST berupa uang tunai Rp.600 ribu perbulan selama tiga bulan itu.

"Ada warga kami saat mengusulkan bantuan, diminta berikan gula merah agar bisa mendapatkan bantuan dari Dinsos,"  kata warga desa Pandang Lebar, Ovina Sari saat berorasi di Balai desa setempat, Selasa (16/06).

Menggapai hal tersebut, Kapolres BS, AKBP Deddy Nata angkat bicara. Ia mengecam keras tindakan yang dilakukan bila ada oknum yang melakukan pungli, terlebih lagi masalah bantuan untuk masyarakat tidak mampu.

"Kalau ada bentuk pungli atau meminta, saya minta kepada masyarakat untuk melaporkan segera ke Polsek terdekat berserta barang bukti, nanti kami akan tindaklanjuti," tegas Kapolres.

Sementara itu, Bupati BS, Gusnan Mulyadi. Meminta pemerintah desa untuk mencari, kebenaran terkait laporan masyarakat yang dilakukan oknum Dinsos yang meminta gula merah sebagai penebus bantuan tersebut.

"Saya minta Kades untuk menindaklanjuti laporan masyarakat ini, kalau memang benar kita akan tindak sesuai dengan aturan," sampai Bupati.

Sayangnya, PLT Kadis Sosial, Didi Ruslan saat dikonfirmasi enggan berkomentar masalah tersebut. [ogi]


Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00