Janji Bantuan Untuk Ratusan UMKM Tidak Jelas

Daerah  KAMIS, 11 JUNI 2020 , 08:36:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Janji Bantuan Untuk Ratusan UMKM Tidak Jelas

Ilustrasi/Net

RMOLBengkulu. Sedikitnya 405 usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) terdampak covid-19 yang sebelumnya terdata di Kabupaten Lebong, menunggu realisasi bantuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM pusat.

Bahkan, pemerintah yang telah menerapkan skenario normal baru, hingga Selasa (9/6) bantuan yang dijanjijakan itu belum juga jelas kepastiannya apakah akan disalurkan atau sebaliknya.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan UKM dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Lebong Aris Munanadar melalui Kabid Perdagangan Azhar, Selasa (9/6) siang.

"Sampai saat ini belum jelas kepastiannya. Padahal, sejak awal April lalu kita sudah menyampaikan data kepada mereka, tapi belum juga ada konfirmasi ulang dari mereka apakah bantuan tersebut ada atau tidak," katanya.

Lanjut dia menjelaskan, adapun kriteria pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 yang didata pihaknya beberapa bulan lalu itu, mulai dari bidang pariwisata, fashion, home decor, kuliner, industri jasa, perikanan, dan pertanian ataupun perkebunan.

Mereka yang didata sesuai dengan permintaan kementerian pusat yang tertuang dalam surat deputi bidang koordinasi ekonomi kreatif, kewirausahaan daya saing koperasi dan UKM kementerian koordinator bidang perekonomian RI Nomor: KWU. 5/33/d.IV.M.EKON/03/2020 perihal permintaan data pekerja dampak Covid-19 dan dalam rangka penguatan daya saing UMKM terdampak covid-19.

"Pada prinsipnya, akan kita konfirmasikan kepada kementerian mengenai bantuan ini, kami berharap pelaku UMK yang sempat kami data pada sebelumnya agar dapat bersabar. Karena rencana pembagian bantuan itu mutlak rencana dari kementerian bukan dari kami," tuturnya. [tmc]



Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00