Terima BLT DD Tahap Pertama, Penerima Diminta Penuhi Kebutuhan Pokok

Daerah  KAMIS, 04 JUNI 2020 , 08:55:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Terima BLT DD Tahap Pertama, Penerima Diminta Penuhi Kebutuhan Pokok

Tampak Camat Pino di dampingi Kepala desa memberikan BLT DD ke penerima/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemerintah Desa Tanjung Aur 1, Kecamatan Pino, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa  (BLT DD) tahap pertama, untuk ke 38 kepala keluarga (KK) yang memenuhi kriteria untuk menerima bantuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, di Balai Desa setempat, Rabu (03/06).

Penyaluran sebanyak satu bulan pertama sebesar Rp 600 ribu itu, berjalan dengan baik dan tertib. warga penerima pun sesuai dengan kreteria yang diatur dalam permendes no 6 tahun 2020 maupun surat edaran menteri PDTT.

Seblumnya, tim relawan Covid-19 desa yang sudah diberikan SK sebagai Tim pendata penerima BLT DD, dengan terjun lansung ke lapangan yang di dampingi oleh pendamping lokal desa menetapkan sebanyak 38 KK yang layak menerima BLT DD yang ditetapkan melalui musyawarah khusus.

"Kita salurkan bantuan ini sesuai dengan instruksikan pemerintah pusat, untuk penerima sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dalam membantu ekonomi warga kurang mampu di tengah wabah ini, untuk tahap ke 2 dan 3 akan disalurkan sesegera mungkin dalam bulan Juni ini juga," kata kepala desa Tanjung Aur 1, Marpen Mardiansyah usai merealisasikan BLT DD tersebut.

Camat Pino Surahman, saat ikut membantu penyaluran bantuan BLT DD itu meminta, agar bantuan yang diberikan selama 3 bulan dengan total 1,8 juta itu, tidak disalah gunakan, di harapkan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari saja.

"Kepada penerima, manfaatkan bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan pokok saja, untuk mengantisipasi krisis bahan pangan ditengah wabah seperti ini," sampai camat.

Sementara itu, perwakilan kejaksaan negeri (Kejari) BS, yang ikut memantau penyaluran itu. Meminta pemerintah desa untuk menyalurkan bantuan BLT DD sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada.

"Khusus untuk pemerintah desa, salurkan la sesuai dengan aturan yang ada, jangan sampai nanti berujng dengan penyalahgunaan dalam menyalurkan BLT DD ini," tutup Kasubsi sospol kejari BS, Adi Eka Syahputra.

Penyaluran BLT DD tahap pertama yang bersumber dari dana desa tahun anggaran 2020 itu, lansung dihadiri Camat Pino, perwakilan kejaksaan negeri Manna, Babinkamtibmas, Babinsa dan pendamping lokal desa yang berjalan lancar, aman dan tertib. [ogi]


Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00