DPA Perubahan Tunggu Sinkronisasi Anggaran Di OPD

Daerah  SELASA, 02 JUNI 2020 , 07:22:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

DPA Perubahan Tunggu Sinkronisasi Anggaran Di OPD

Riswan Effendi/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong mengungkapkan, seluruh Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) perubahan tahun anggaran 2020 di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), belum bisa dicetak.

Itupun lantaran masih dilakukan sinkronisasi anggaran antara yang sudah terserap di OPD dengan anggaran yang sudah dirasionalisasikan belum lama ini.

Demikian disampaikan langsung Kepala BKD Lebong, Erik Rosadi melalui Kabid Anggaran, Riswan Effendi, Minggu (31/5) siang.

"Belum, karena memang setelah adanya penyesuaian APBD tahun 2020 seluruh anggaran di OPD berubah semua," katanya, kemarin (31/5).

Lebih jauh, ia mengakui setelah singkronisasi itu selesai maka DPA  akan dicetak dan ditandatangani oleh kelapa OPD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Ia berharap, pelaksanaan kegiatan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lebong Tahun Anggaran 2020 tetap dilanjutkan walau dengan sisa anggaran yang masih ada.

"Dan kita berharap proses penyelesaian DPA perubahan bisa cepat selesai," bebernya.

Dia menjelaskan, perubahan Perbub tentang penjabaran APBD ini sudah dua kali dilakukan selama masa Covid-19 ini. Perubahan yang pertama dilakukan dengan pemotongan anggaran di OPD.

Kemudian pemotongan tersebut laporkan ke pemerintah pusat. Namun, ditolak dengan alasan pemotongan yang dilakukan Pemda Lebong belum sesuai dengan PMK 35 dan SKB 2 menteri, sehingga penyaluran DAU bulan Mei kemaren hanya dikirim 65 persen atau ditunda sebesar 35 persen hingga pemkab memperbaiki kembali.

"Selanjutnya kita melakukan rasionalisasi kembali dan telah kita sampaikan ke pusat sebelum lebaran kemarin dan alhamdulillah rasionalisasi atau pemotongan anggaran yang kita lakukan diterima," demikian Riswan. [tmc]



Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00