Direstui Terapkan New Normal, Dandim: Bakal Ada Operasi Rutin

Daerah  SELASA, 02 JUNI 2020 , 07:13:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Direstui Terapkan New Normal, Dandim: Bakal Ada Operasi Rutin

Rapat yang digelar belum lama ini/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 merestui pemberlakuan New Normal bersama ratusan daerah yang saat ini dinyatakan dalam zona hijau untuk melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Hal tersebut diharapkan akan kembali menggerakan kegiatan perekonomian yang laju pertumbuhannya sempat terpuruk.

Bahkan, Kabupaten Lebong masuk daftar salah satu daerah dari sejumlah wilayah di Indonesia yang disiapkan menuju New Normal atau tatanan baru. Mengingat statusnya masih zona hijau.

"Kemarin tanggal 29 Mei 2020 bahwa Presiden Jokowi memerintahkan Ketua Gugus Tugas untuk pemerintah kabupaten-kota yang saat ini berada dalam zona hijau untuk melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman Covid-19," ujar Doni Monardo dilaporkan Kantor Berita Politik RMOL.

Kendati pandemi virus corona alias Covid-19 masih terjadi dan jumlah pasien Covid-19 terus bertambah, sejumlah pihak mengaku siap menjalani tatanan baru tersebut.

Komandan Kodim (Dandim) 0409 Rejang Lebong, Letkol Inf Sigit Purwoko, mulai menyosialisasikan persiapan menghadapi masa normal baru (new normal) yang segera diterapkan di Kabupaten Lebong, bulan Juni 2020 ini.

Hal ini dikatakan oleh Dandim usai memimpin langsung rapat dalam rangka pembahasan persiapan operasi pendisiplinan protokol kesehatan di wilayah Kabupaten Lebong, Jum'at (29/5) lalu.

"Ini adalah bagian dari sosialisasi perasi penegakan disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan di sebagian wilayah hukum Kodim 0409 Rejang Lebong yang ada di Kabupaten Lebong," kata Dandim, kemarin (31/5) siang.

Sebagai langkah awal, kata Dandim, pihaknya akan menggelar pasukan operasi penegakkan disiplin secara rutin untuk mematuhi protokol kesehatan dalam rangka penanganan percepatan penyebaran Covid-19 yang akan dilaksanakan Rabu (3/6) besok di halaman Pasar Rakyat Kabupaten Lebong.

Dengan melibatkan personil Kodim 0409 Rejang Lebong, Polres, Satpol PP, Dinas Kesehatan (Dinkes), Bidang Perhubungan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPR-P), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Tahap pertama berupa edukasi, iimbauan, mengajak masyarakat dengan langkah represif secara proposional dan humanis. Tahap II tunggu perbup untuk sanksinya," beber Dandim.

Dia menjelaskan, walaupun apel ini hanya difokuskan di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota se-Indonesia, namun menurutnya Lebong perlu melakukan hal serupa.

Itupun untuk mempertahankan status Lebong tetap zona hijau. Terlebih lagi, satu-satunya kabupaten dinaungi Kodim 0409 Rejang Lebong yang masih zona hijau di Provinsi Bengkulu.

"Dalam hal ini, fokus kita mengimbau dan menekankan masyarakat untuk patuhi disiplin protokol kesehatan. Seperto pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan jaga kesehatan mandiri," lanjut dia menambahkan.

Mereka akan menjaga tempat umum dan pusat keramaian untuk memastikan masyarakat menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus corona.

"Sebetulnya (protokol kesehatan) sudah kita laksanakan. Tapi ini lebih masif saja. Biar nanti tidak kaget pas perbup sudah keluar," demikian dandim. [tmc]

Komentar Pembaca