2020, Kemenag Catat 26 Masjid Tetap Gelar Salat Idul Fitri

Nusantara  SELASA, 02 JUNI 2020 , 07:02:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

2020, Kemenag Catat 26 Masjid Tetap Gelar Salat Idul Fitri

Ilustrasi/Net

RMOLBengkulu. Pemkab Lebong terus mengimbau kepada masyarakat agar salat Idul Fitri dijalankan di rumah masing-masing. Namun begitu, sejumlah masjid yang ada di Lebong nyatanya tetap menggelar salat Idul Fitri 2020.

Kasi Bimas Islam Muhammad Riduan, menyampaikan, pihaknya melakukan pendataan daftar masjid di wilayahnya yang tetap melaksanakan salat idul fitri.

Dari 111 masjid yang tersebar di 12 kecamatan, tercatat 26 masjid yang masih tetap melaksankaan salat idul fitri di tengah pandemi covid-19.

"26 masjid yang melaksanakan shalat id itu tersebar di enam Kecamatan dalam Kabupaten Lebong," kata Riduan saat dikonfirmasi belum lama ini.

Adapun, masjid yang didata oleh tetap menggelar shalat id di tengah penyebaran wabah covid-19 itu tersebar di enam Kecamatan diantanya yakni, Kecamatan Lebong Atas berjumlah 6 masjid 1 diantaranya menggelar shalat id.

Kemudian, Pelabai dari 8 masjid 2 masjid menggelar sahat id. Selanjutnya, Lebong Utara dari 12 masjid 7 masjid menggelar shalat id. Kemudian, Uram Jaya dari 7 masjulid 4 masjid menggelar shalat id.

Lalu, Lebong Tengah dari 11 masjid tercatat seluruhnya menggelar shalat id. Dan terakhir Kecamatan Topos dari 8 masjid 1 masjid menggelar shalat id.

"Iya, enam Kecamatan lainnya tercatat tidak menggelar shalat id berjamaah, " ujarnya.

Lebih lanjut Riduan menegaskan, mengenai pelaksanaan shalat id berjamaah pada sebelumnya pihaknya telah melayangkan surat edaran Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di Tengah Pandemi Wabah Covid-19.

Surat edaran itu disebar ke KUA, dan di teruskan ke masjid, mushola, dan surau untuk tidak melakukan ibadah yang melibatkan orang banyak selama wabah covid-19.

"Pada sebelumnya surat edaran sudah disebar luaskan. Hanya saja, 26 masjid di 6  Kecamatan itu, masih tetap melaksanakan shalat id berjamaah, sedangkan sisanya 85 masjid tidak melaksanakan shalat id  berjamaah, " tuturnya.

Ia menjelaskan, sesuai dengan SE mentri agama, kemenag tetap melarang tidak melaksanakan kegiatan shalat id  berjamaah di masjid. Tetapi kalau masih ada yang melaksanakan salat berjamaah dimasjid SOP menurut kesehatan tetap harus dilaksanakan.

"Untuk SOP prosedur tentang salat berjamaah di masjid dalam situasi seperti ini, orang-orang pihak kesehatan dan pemda yang mestinya mengawal dan dari kemenag jelas tidak membolehkan salat berjamaah id tahun ini berdasarkan SE. Dan untuk data masjid yang menggelar salat id telah disampaikan ke kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu," tutupnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00