Jalani New Normal, Dewan Minta Pemkot Fokus Pencegahan Corona Di Pesantren Dan Tempat Ibadah

Pemerintah Kota Bengkulu  JUM'AT, 29 MEI 2020 , 19:13:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Jalani New Normal, Dewan Minta Pemkot Fokus Pencegahan Corona Di Pesantren Dan Tempat Ibadah

Ketua Fraksi PKB Di DPRD Kota Bengkulu, Iswandi Ruslan/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Usulan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu meminta agar pemerintah kota membuat persiapan yang matang jika new normal benar-benar diterapkan. Ketua Fraksi PKB, Iswandi Ruslan menyebut jika penerapan new normal sangat membutuhkan upaya yang ekstra agar betul-betul dapat menekan kasus penyebaran virus corona.

Menurutnya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan jika new normal betul-betul diterapkan di Kota Bengkulu. Pemerintah tentu harus siap segala sesuatunya agar program ini dapat berhasil sesuai rencana.

"Kalau new normal nanti sudah berlaku, kita harap pemerintah kota fokus terhadap upaya pencegahan corona di pesantren dan tempat ibadah. Ini akan sangat riskan sekali jika tidak ditangani secara tepat," katanya saat dibincangi RMOLBengkulu, Jumat (29/05).

Lebih lanjut, Iswandi menekankan agar tempat ibadah seperti masjid, gereja dan juga pesantren segera dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk mencegah corona. Misalnya dengan menyediakan handsanitizer, air bersih dan penyemprotan disinfektan secara rutin. Hal tersebut dinilai penting mengingat visi dan misi Pemkot yaitu mewujudkan masyarakat yang bahagia dan religius.

"Kami kira yang paling penting diperhatikan itu tempat-tempat ibadah. Selama ini aktivitas di masjid tidak terlalu banyak, dengan diberlakukannya new normal nanti pasti kegiatan mulai normal lagi seperti biasa. Ini harus diperhatikan agar masyarakat bisa melakukan ibadah dengan aman dan nyaman," ucapnya.

Ia pun berharap jika kebijakan new normal yang diterapkan nanti bisa memberikan manfaat bagi masyarakat terutama untuk memulihkan ekonomi secara perlahan.

"Semoga pandemi ini segera berakhir, ekonomi pulih dan masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa," terangnya.

Sebelumnya Walikota Helmi Hasan telah mengumumkan bahwa Kota Bengkulu saat ini tengah mempersiapkan segala sesuatu untuk menerapkan new normal dalam waktu dekat.

Untuk diketahui bahwa 'new normal' merupakan fase dimana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai dilonggarkan dan masyarakat diperbolehkan untuk kembali beraktivitas normal seperti biasa. Dalam kondisi seperti ini masyarakat diberi kebebasan untuk melakukan aktivitas sehari-hari sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah sebelum ditemukannya vaksin virus corona. [tmc]


Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00