4 Catatan Jokowi Untuk Tatanan New Normal Pariwisata

Nusantara  JUM'AT, 29 MEI 2020 , 08:34:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

4 Catatan Jokowi Untuk Tatanan New Normal Pariwisata
RMOLBengkulu. Tatanan normal baru atau new normal bidang pariwisata mulai digodok pemerintah. Dalam Rapat Terbatas yang digelar Kamis (28/5), Presiden Joko Widodo memberi empat arahannya.

Dalam arahan pertamanya, Jokowi mengingatkan bahwa Covid-19 mengharuskan perubahan tren pariwisata di dunia.

Pertama, isu health dan hygiene serta safety dan security akan menjadi pertimbangan utama bagi wisatawan yang ingin melancong,” ujarnya.

Sementara mengenai referensi liburan juga akan mengalami pergeseran ke tempat yang tidak banyak orang, seperti solo travel tour, wellness tour, dan termasuk juga di dalamnya virtual tourism serta staycation.

Para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif harus betul-betul mengantisipasi terjadinya perubahan tren ini. Kita harus betul-betul bisa mencium perubahannya ke arah mana,” tekannya.

Catatan kedua, Jokowi meminta agar protokol tatanan normal baru di sektor pariwisata harus benar-benar bisa  menjawab isu utama tadi.

Mulai dari protokol kesehatan yang ketat di sisi transportasinya, di sisi hotelnya, di sisi restorannya, dan juga di area-area wisata yang kita miliki,” urai Presiden.

Ketiga, Jokowi minta ada standar baru yang menjadi sebuah kultur dan kebiasaan baru di sektor pariwisata.

Dan perlunya sosialisasi yang masif, diikuti uji coba, diikuti simulasi-simulasi dan juga perlunya dimulai sekarang ini pengawasan, agar betul-betul standar protokol kesehatan itu dijalankan di lapangan karena ini risikonya besar,” tandas Presiden.

Terakhir, mantan gubernur DKI Jakarta itu meminta agar dipersiapkan strategi khusus dalam promosi pariwisata di era new normal ini.

Saya kira kita perlu fokus terlebih dahulu untuk mendorong pariwisata domestik/wisatawan domestik,” tutupnya dilaporkan Kantor Berita Politik RMOL. [tmc]

Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00