Gubernur Rohidin: Bengkulu Siap New Normal

Nusantara  KAMIS, 28 MEI 2020 , 09:42:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Gubernur Rohidin: Bengkulu Siap New Normal

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Gubernur Bengkulu,  Rohidin Mersyah, menilai Provinsi Bengkulu siap menjalani kehidupan dengan kenormalan baru atau new normal.

Rohidin mengatakan, pentingnya persiapan menuju new normal ini juga harus sesuai dengan protokol kesehatan. Mengingat, hingga saat ini vaksin Covid-19 belum tersedia di Bengkulu. Sedangkan, angka kasus positif covid-19 terus bertambah.

"Kesiapan new normal saat ini kita masih menunggu instruksi pemerintah pusat, mulai dari pembagian masker secara menyeluruh oleh setiap pemda kabupaten-kota diback-up pemda provinsi, serta pemetaan rapid test secara menyeluruh minimal 3 persen dari jumlah penduduk setiap kabupaten-kota," kata Rohidin Mersyah, Kamis (28/5).

Kemudian di era new normal ini, lanjut dia, kegiatan ekonomi sudah berjalan seperti biasa termasuk pasar, toko, mall akan buka. Terpenting di era new normal tetap protokol kesehatan dilaksanakan.

Misalnya, seperti mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker saat keluar rumah, dan rapid test secara rutin di setiap kabupaten-kota.

Untuk memasuki era new normal kali ini,  pihaknya masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pemerintah pusat. Terutama penerapan masa belajar dan bekerja di rumah.

"Bagaimana kebijakan presiden melalui kementerian lembaga terkait yang akan berlaku secara nasional, baik itu libur ASN, anak sekolah, sistem penerimaan siswa baru dan memulai tahun ajaran baru, tidak mungkin kita pemprov bergerak lebih dulu,” sambungnya.

Hal ini tentunya, harus sejalan dengn pemerintah pusat. Baik dari kementerian maupun arahan dari Presiden langsung.  

"Pemprov dan Pemda kabupaten-kota tidak bisa berdiri sendiri. Dan penanganan menyeluruh ini harus sejalan dengan pemerintah pusat dan sesuai dengan arahan Kemendagri dan Kemenkopolhukam, semua kebijakan harus mengarah sesuai dengan kesepakatan pemerintah pusat dalam hal ini Presiden RI bersama tim gugus tugas nasional," tutup Rohidin. [tmc]

Komentar Pembaca
Viral!! Aksi Menunggang Sapi Raksasa di Boyolali
Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

JUM'AT, 10 JULI 2020 , 21:30:00

New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

MINGGU, 05 JULI 2020 , 02:30:19

Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00