Jelang Lebaran, Petugas Temukan Cacing Hati Di Bagian Organ Sapi

Nusantara  SABTU, 23 MEI 2020 , 17:12:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Jelang Lebaran, Petugas Temukan Cacing Hati Di Bagian Organ Sapi

Ferdi aaat melakukan pemantauan di kios daging di Kelurahan Amen Kecamatan Amen/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Tim Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Lebong, menggelar operasi pasar menjelang Idul Fitri 1441 Hijriyah. Kali ini, operasi fokus pada penjualan daging sapi dan ayam.

Pemeriksaan dipusatkan di Pasar Rakyat yang terletak di Kelurahan Amen Kecamatan Amen Kabupaten Lebong, Sabtu (23/5) pagi.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Disperkan Kabupaten Lebong, Drh Ferdi Ferdian mengatakan, operasi fokus pada jeroan sapi, terutama pada bagian hati. Karena sering kali dijumpai cacing hati pada pita.

"Kalau infestasi cacing ada kami temukan, meskipun jumlahnya lebih sedikit cacing hati maupun cacing di lambung," kata Ferdi sapaan akrabnya usai melakukan pemeriksaan.

Ferdi mengatakan, pemeriksaan memang salah satu tugas pihaknya untuk menjamin kesehatan daging jelang lebaran. Karena itu, saat pemotongan, petugas berkeliling untuk melakukan pemeriksaan.

Hasilnya, petugas menemukan sarang cacing pada bagian lambung sapi. "Bagian hati ataupun rumen yang ada cacing atau sarang cacingnya sebaiknya dibuang, jangan dikonsumsi," bebernya.

Atas temuan tersebut, kata Ferdi, pihaknya langsung melakukan tindakan dengan menyisihkan bagian dari daging atau jeroan hewan kurban yang terkena penyakit tersebut.

Pada kesempatan itu, pihaknya memberikan edukasi kepada masyarakat atau pedagang mengenai cara-cara pemeriksaan daging sapi terutama jeroan yang berpenyakit dan tidak. Mengingat cacing hati bisa dilihat dengan kasat mata.

Sehingga, lanjut dia, ke depan masyarakat bisa secara mandiri melakukan pemeriksaan dengan cara yang mudah dan sederhana.

"Secara umum sapinya sehat dan dagingnya layak dikonsumsi untuk masyarakat," demikian Ferdi. [tmc]



Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00