Curah Hujan Tinggi, Satu Alber Mini Disiagakan Di Jalur Rawan Longsor

Daerah  SABTU, 23 MEI 2020 , 17:04:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Curah Hujan Tinggi, Satu Alber Mini Disiagakan Di Jalur Rawan Longsor

Satu alber disiagakan/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPR-P) Kabupaten Lebong akan menyiagakan satu unit alat berat (Alber) mini atau jenis beco di jalur lintas kabupaten di daerah itu.

Penyiagaan Alber mini ini dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam tanah longsor di jalur itu selama libur lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah nanti. Terutama di jalur lintas Lebong menuju Curup.

"Kita akan siagakan alat berat di jalur mudik yang memang rawan longsor. Agar memudahkan kalau terjadi apa-apa," ujar Plt Kadis PUPRP Lebong, Joni Prawinata melalui Kabid Bina Marga, Haris Santoso, Jum'at (22/5) siang.

Diakuinya, di jalur itu sedikitnya dua Alber dibutuhkan mengingat longsor kerap melanda di sejumlah titik. Begitu pula di jalur lintas Lebong-Bengkulu Utara minimal dibutuhkan satu unit Alber.

"Semestinya begitu. Minimal tiga unit. Karena titik longsor sering terjadi dimana-mana. Tapi, kita akan upayakan maksimal dengan satu Alber ini," tegasnya.

Dia mengatakan, penyiagaan ini dilakukan untuk mempercepat proses evakuasi bila terjadi bencana. Mengingat saat ini curah hujan tinggi sering melanda wilayah Lebong.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan BPBD termasuk petugas gabungan yang akan siaga selama 24 jam.

"Kami berharap libur lebaran tahun ini berjalan dengan lancar. Namun demikian, kami juga mengimbau kalau hujan turun dengan deras agar berhati-hati, karena potensi tanah longsor sangat mungkin terjadi," tutupnya. [tmc]

Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00