Warning Daging Oplosan Jelang Lebaran, Begini Cara Membedakannya

Nusantara  JUM'AT, 22 MEI 2020 , 04:24:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Warning Daging Oplosan Jelang Lebaran, Begini Cara Membedakannya

Screenshoot perbedaan daging sapi dan babi/Ist

RMOLBengkulu. Ini informasi penting bagi masyarakat menjelang Idul Fitri 1441 H. Terutama memastikan masyarakat tak tertipu dengan daging sapi yang dicampur dengan daging babi.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong, Drh Ferdi Ferdian mengingatkan, agar masyarakat untuk tidak tergiur dengan tawaran daging sapi yang dijual dengan harga tidak wajar.

Ia, meminta masyarakat tidak perlu khawatir lagi bila ingin berbelanja daging untuk kebutuhan hari raya Idul Fitri nanti.

Pasalnya, cukup sulit membedakan dengan mata telanjang lantaran oknum pedagang telah membuat daging babi sangat mirip dengan daging sapi.

"Cara membedakannya pertama yang paling aman itu jangan beli daging dengan harga murah," ujar Ferdi sapaan akrabnya, kemarin (18/5).

Dia menjelaskan, perbedaan terdapat pada warna serabut dan bau daging. Biasanya, daging babi warna merah muda keabuan dan cerah, serabut daging relatif halus, dan bau tidak menyimpang.

Kemudian, daging celeng warna merah jambu sampai merah tua, serabut daging relatif halus, dan bau amis.

Sedangkan, daging sapi warna merah cerah, serabut daging relatif kasar, bau tidak menyimpang.

"Secara kasat mata bisa dikenali. Tapi, Kalau untuk memastikan bisa diperiksa di laboratorium dengan uji identifikasi spesies," bebernya.

Ferdi memastikan pada momentum menjelang Hari Raya Idul Fitri 2020 ini yang cenderung mengalami peningkatan konsumsi, daging sapi yang beredar aman untuk dikonsumsi.

Dia menambahkan pihaknya tiap tahun menjelang lebaran rutin menjalani pemeriksaan atau pengawasan peredaran daging. Rutinitas itu digelar H-2 dan H-1 lebaran.

"Selain metode kasat mata, kami juga mengambil sampel daging atau sampling untuk dikirim ke Laboratorium Kesmavet di Bengkulu. Seperti biasa, rutinitas kami H-2 dan H-1 sebelum lebaran atau hari Jumat (22/5) dan Sabtu (23/5)," tuturnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00