Pemdes Air Tenam Realisasikan BLT Dana Desa Tahap Pertama

Daerah  KAMIS, 21 MEI 2020 , 14:06:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Pemdes Air Tenam Realisasikan BLT Dana Desa Tahap Pertama

Tampak kepala desa Air Tenam memberikan BLT DD ke penerima/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemerintah Desa (Pemdes) Air Tenam, Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan  melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Kantor Desa Air Tenam, Rabu (20/05).

Penyaluran BLT Dana Desa tersebut juga dihadiri babinsa, pendamping desa selaku mitra desa, pendamping lokal desa serta tim relawan dari desa air tenam.

Menurut pemaparan dari kepala desa, sebelum BLT tahap pertama ini direalisasikan memang sudah dibentuk tim pendata, telah dilakukan musyawarah desa khusus untuk verifikasi, validasi serta penetapan calon penerimanya yang memang berhak dan memenuhi kriteria-kriteria calon penerima yang ditetapkan pemerintah.

"Pada hari ini kita merealisasikan pemberian BLT Dana Desa untuk tahap pertama, semua prosedur yang ada dari hal pendataan, penyepakatan dalam musyawah desa khusus hingga perlengkapan dokumen-dokumen pendukung lainnya hingga sampai pada pelaksanaan pencairan telah kita ikuti dan alhamdulillah semua berjalan lancar dan mudah-mudahan baik penerima maupun pemanfaatan BLT ini nanti memang sesuai dengan apa yang diharapkan pemerintah dalam mengahadapi pandemi covid 19 saat ini," kata Sarnanto selaku Kades Air Tenam.

Untuk penerima BLT Dana Desa melalui Apbdes tahun anggaran 2020 yang bersumber dari Dana Desa ini sebanyak 8 KK pemanfaat, pemberian bantuan yang direncanakan pada saat ini dilakukan sebanyak tiga tahap, terhitung tahap pertma bulan April sampai dengan tahap 2 dan 3 terhitung untuk bulan Mei dan Juni dengan nominal pertahapnya Rp. 600.000 yang akan diberikan secara langsung kepada Kepala Keluarga (KK) penerima.

"BLT diberikan secara bertahap selama tiga bulan, untuk hari ini dipenyaluran untuk bulan April atau tahap 1, tahap 2 dan 3 pun akan secepatnya direalisasikan mengingat tahap pertama inipun penyalurannya sudah memasuki waktu untuk tahap 2," terang Sarnanto.

Ditanya mengenai kesiapan pemdes air tenam dalam membantu warga serta menghadapi wabah pandemi covid 19 kedepannya kepala desa air tenam menyampaikan selalu siap membantu dan mengayomi terutama warganya dalam memberikan bantuan lanjutan lainnya.

"Kini hanya 8 KK yang menerima BLT Dana Desa, untuk kedepannya pemerintah desa akan selalu siap mengikuti instruksi-instruksi dari pemerintah dalam menghadapi pandemi ini dan pemdes berharap keadaan wabah covid 19 ini segera berakhir," sampai Sarnanto.

Disisi lain, baik Badan Permusyawaratan Desa (BPD), babinsa maupun pendamping desa menyampaikan harapan yang sama kepada para penerima BLT Dana Desa ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya dalam menghadapi maupun mengantisipasi pandemi Corona Disease ini. [ogi]


Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00