Belum Genap Setengah Tahun, Lebong Defisit Lagi?

Seluruh Kegiatan Fisik Terancam Tunda Bayar

Daerah  SELASA, 19 MEI 2020 , 08:01:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Belum Genap Setengah Tahun, Lebong Defisit Lagi?

Riswan Effendi/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Kas Daerah (Kasda) Lebong saat ini mengalami defisit atau kekurangan anggaran sejak beberapa minggu terakhir. Oleh karenanya, Pemkab harus melakukan rasionalisasi anggaran dihampir semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Selain gaji dan dana rutin, SPD dan SP2D yang bisa diterbitkan juga hanya untuk tunjangan ASN, paket pekerjaan tunda bayar tahun 2019, dan tambahan penghasilan pegawai (TPP).

Sedangkan GU, TU, dan LS-Pihak Ketiga dan belanja hibah bansos akan diterbitkan kembali setelah transfer pusat masuk ke rekening kas umum daerah.

Ada beberapa indikator yang menjadi defisit Kasda Lebong. Pertama terkait pendapatan menurun drastis. Sedangkan, untuk kegiatan-kegiatan belanja barang dan jasa, dan belanja modal sudah terkontrak tetap berjalan.

Plt Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong, Erik Rosadi melalui Kabid Anggaran, Riswan Effendi tidak menampik adanya kebijakan tunda bayar proyek pada tahun 2020 ini. Terutama kegiatan sudah terkontrak. Penundaan itu akibat dampak dari defisit tersebut.

"Seluruh kegiatan sudah terkontrak tetap bisa dilaksanakan sekarang dalam kondisi seperti ini, atau tunda pelaksanaannya sampai anggaran tersedia. Bisa juga pelaksanaannya dimulai mendekat akhir tahun, tapi pembayarannya tahun depan," kata Riswan, kemarin (15/5).

Kondisi defisit ini tidak terlepas dari tunda salur pembayaran Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Mengingat komposisi APBD Lebong 95 persen bergantung transfer pusat.

"Ini karena kondisi memang dalam keadaan darurat. Tapi tidak usah khawatir, setiap keputusan sering berubah-berubah. Artinya, kalau nanti anggarannya tersedia pasti langsung dibayar," tuturnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Kabinet Amerika

Kabinet Amerika

JUM'AT, 02 APRIL 2021 , 09:57:00

MILAD IMM Ke-57, Dimulai Dengan Pertandingan Futsal Persahabatan
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00