Belum Semua Bantuan Sosial Turun

Daerah  SENIN, 18 MEI 2020 , 04:08:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Belum Semua Bantuan Sosial Turun

Reko Haryanto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Bantuan sosial untuk masyarakat Kabupaten Lebong yang terdampak secara ekonomi karena pandemi virus Corona (Covid-19) belum semuanya turun.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, Reko Haryanto mengatakan, pemerintah pusat, kabupaten hingga pemerintah desa masih merampungkan data masyarakat yang akan mendapat bantuan sosial.

"Biarkanlah pusat, kabupaten hingga desa menertibkan data. Berat itu menertibkannya, mohon dimaklumi. Lambat tidak apa-apa, tapi pasti datanya dan dapat semuanya,” katanya, kemarin (17/5) siang.

Ia mengatakan, belum turunnya semua bantuan itu karena sumber anggarannya bervariasi. Misalnya, Program Keluarga Harapan (PKH),  Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST) gelombang pertama dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Sedangkan, bantuan yang belum disalurkan, yakni bantuan sosial sembako yang bersumber dari APBD Lebong, serta Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dari pemerintah desa, hingga BST gelombang dua dari Kemensos.

"Bantuan sudah disalurkan BPNT, PKH, dan BST gelombang I. Tiga bantuan disalurkan langsung Kementerian Sosial," ucapnya.

Ia menjelaskan, khusus bantuan sembako yang bersumber dari Belanja Tak Terduga (BTT) memang belum turun lantaran Pemkab masih melakukan penyesuaian APBD Lebong 2020.

"Pada prinsipnya, belum semua bantuan turun. Masih ada lagi. Karena masih ada bantuan penembahan seperti dari pusat, kabupaten, hingga desa," tuturnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00