Lebong Zona Hijau, MUI Persilahkan Salat Idul Fitri Hingga Takbir Di Masjid

Daerah  JUM'AT, 15 MEI 2020 , 18:46:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Lebong Zona Hijau, MUI Persilahkan Salat Idul Fitri Hingga Takbir Di Masjid

H. M Amin AR/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Jelang Idul Fitri Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan fatwa terkait Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri saat pandemi Covid-19.

Dalam fatwa Nomor 28 tahun 2020 tersebut dijelaskan bahwa Salat Id boleh dilaksanakan tanah lapang, masjid, musala, atau tempat lain. Itupun khusus umat Islam berada di kawasan Covid-19 yang sudah terkendali atau zona hijau.

Ketua MUI Kabupaten Lebong, H. M Amin AR mengungkapkan, salat idul fitri sangat disunnahkan dilaksanakan secara berjamaah di tanah lapang, masji d, mushallah, dan tempat lainnya. Terlebih lagi, idul fitri hukumnya sunnah muakkadah yang menjadi salah satu syi'ar keagamaan.

"Kita tetap mengikuti keputusan MUI pusat. Jadi salat idul fitri boleh dilaksanakan dengan cara berjamaah di tanah lapang, masjid, mushalla bagi umat islam yang berada di kawasan bebas Covid-19 (zona hijau)," katanya, Jum'at (15/5).

Sementara itu, lanjutnya, bila masyarakat berada di kawasan penyebaran Covid-19 yang belum terkendali, salat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah, secara berjemaah atau sendiri-sendiri.

Tak hanya itu, ia juga menuturkan, pelaksanaan idul fitri baik di masjid maupun di rumah harus tetap melaksanakan protokol kesehatan, dan mencegah terjadinya potensi penularan, antara lain dengan memperpendek bacaan salat dan pelaksanaan khutbah.

"Salat Idul Fitri yang dilaksanakan di rumah dapat dilakukan secara berjemaah dan dapat dilakukan secara sendiri," tuturnya.

Selain soal salat Idul Fitri, fatwa ini membahas soal kegiatan takbiran. Takbiran tidak harus dilakukan dengan cara berkumpul di masjid.

"Dalam situasi pandemi yang belum terkendali, takbir bisa dilaksanakan di rumah, di masjid oleh pengurus takmir, di jalan oleh petugas atau jemaah secara terbatas, dan juga melalui media televisi, radio, media sosial, dan media digital lainnya," demikian Amin. [tmc]



Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00