Relawan Mulai Data Calon Penerima BLT DD

Daerah  RABU, 13 MEI 2020 , 18:59:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Relawan Mulai Data Calon Penerima BLT DD

Tampak relawan desa Beringin Datar saat melakukan pendataan calon penerima BLT DD/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Relawan percepatan penanganan dampak dari virus Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Desa Beringin Datar Kecamatan Pino, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), mulai mendata calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Rabu (13/05).

Satu per satu warga terdampak didatangi untuk dimasukkan ke dalam calon penerima BLT DD. Dengan menggunakan basis pendataan di dusun dengan kriteria yang sudah di tentukan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Setelah itu diadakan Musyawarah Desa (Musdes) Khusus atau Insidentil dengan agenda tunggal validasi, finalisasi dan penetapan data KK calon penerima BLT-DD, legalitas dokumen penetapan data KK calon penerima BLT-DD ditanda tangani oleh Kepala Desa dan disahkan oleh unsur tripika.

"Untuk mempercepat proses penyaluran, tadi kita mulai melakukan pendataan kemungkinan memakan waktu dua hari, untuk hari pertama tadi tercatat sebanyak 42 KK yang di nilai cukup memenuhi kriteria penerima BLT DD, tetapi ini masih sebatas calon, nanti akan di bahas melalui musyawarah khusus BLT DD," kata kepala desa Beringin Datar, Karmin Salil melalui sekertaris Guri kepada RMOLBengkulu.

Dia menegaskan, para calon penerima adalah warga dari kurang mampu dan belum pernah mendapat bantuan sosial dari pemerintah. Baik itu bantuan pangan non tunai (BPNT)  dan Program Keluarga Harapan (PKH). Sekalipun warga yang sudah mendapatkan kedua bantuan tersebut, maka tidak akan mendapatkan BLT DD.

"Untuk pendataan kita prioritaskan bagi warga yang belum mendapat bantuan Sosial dari pemerintah," imbuhnya.

Selain itu, untuk penyaluran BLT DD tersebut, untuk PNS, pensiunan, perangkat desa, hingga anggota BPD tidak akan mendapat bantuan sosial tersebut.

Sementara itu, di Desa Beringin Datar tercatat sebanyak 185 Kepala Keluarga (KK). Dari jumlah tersebut, yang belum mendapatkan bantuan sosial sebanyak 76 KK dan yang sudah menerima program manfaat atau bantuan Sosial sebanyak 86 KK. Semuanya nanti akan dipilih asal memenuhi kriteria penerima BLT DD.

"Besok akan kita lakukan pendataan kembali, untuk segera ditetapkan melalui musyawarah dan penyaluran nantinya mudah-mudahan besok pendataan akan tuntas," pungkasnya. [tmc]

Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00