Kadinkes: Pasien Kontak Dengan Saudara Dari Bali Pada Bulan Maret

Daerah  RABU, 13 MEI 2020 , 17:22:00 WIB | LAPORAN: YOGI APRIZAL SUPRIANTO

Kadinkes: Pasien Kontak Dengan Saudara Dari Bali Pada Bulan Maret

Kadinkes Benteng, Ns. Gusti Miniarti

RMOLBengkulu. Sempat dibantah keluarga (Sepupu.red) pasien positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19 di Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), membuat Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Benteng angkat bicara.

Ia menegaskan bahwasanya informasi yang disampaikan ke publik merupakan hasil rangkaian penyelidikan epidemiologi dari sang pasien.

Meskipun versi keluarga membantah pasien tersebut tidak pernah kontak dengan Keluarga yang datang dari Bali.

"Memang ada kehadiran keluarga pada bulan Maret(dari Bali.red), informasi ini di dapat langsung dari pasien setelah hasil swab keluar dan terkonfirmasi positif," tegasnya, Selasa (12/5) kemarin.

Dia juga tidak menyimpulkan jika pasien tersebut membawa virus tersebut ke Benteng seketika mengantongi riwayat perjalanan ke zona merah.

"Jadi kita tidak menjudge (vonis) keluarga yang hadir dari red zone adalah yang membawa virus, kita tidak menyimpulkan seperti itu, tetapi dalam panduan penanganan pasien ini perlu ditanyakan dari awal," tegasnya lagi menambahkan.

Ia menyatakan, seorang petugas kesehatan wajib menggali informasi dari pasien terkait perjalanan hingga riwayat kontak dengan orang lain. Itupun, sebagaimana protokol tetap kesehatan.

"Karena ini akan berpengaruh terhadap keputusan bagaimana pasien ini akan ditangani," bebernya.

"Semua informasi yang didapat merupakan data bagi petugas kesehatan, yang menjadi dasar penanganan pasien dari sumber data sekunder yang kami dapatkan," pungkasnya. [tmc]

Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00