13 Desa Sudah Bisa Cairkan DD Dan ADD 40 Persen

Daerah  RABU, 13 MEI 2020 , 04:06:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

13 Desa Sudah Bisa Cairkan DD Dan ADD 40 Persen

Eko Budi Santoso/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Terhitung sejak Selasa (12/5) kemarin, sudah 17 desa mengajukan pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong.

Dari jumlah itu, 13 desa sudah  ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Mustarani Abidin untuk proses pencairan DD dan ADD tahap pertama sebesar 40 persen tersebut.

Ketigabelas desa itu, yakni Desa Turan Tiging, Manai Belau, Tik Sirong, Ajai Siang, Suka Negeri, Talang Donok, Talang Donok I, Talang Barau I, Talang Baru II, Pelabuhan Talang Leak, Ketenong Jaya, Air Kopras, Bioa Putiak, dan Desa Sebelat.

Sedangkan data desa yang dalam proses teken Sekda berjumlah 4 desa. Di antaranya Desa Bioa Putiak, Sungai Gerong, Talang Bunut, dan Desa Sukau Datang I.

Kadis PMDS Lebong, Reko Haryanto melalui Kabid Eko Budi Santoso menyebutkan, bahwa pencairan DD paling lambat bulan depan atau hingga Juni 2020.

"Namun, keterlambatan ini adalah serta merta karena terkait penanganan wabah Covid-19 yang juga dianggarkan melalui dana desa. Termasuk pemangkasan anggaran yang diperuntukan untuk anggaran bantuan langsung tunai (BLT) disetiap desa," jelas Eko, kemarin (12/5).

Selanjutnya, ia mengaku, ada 13 desa yang sudah mendapat rekomendasi  dari PMDS sekaligus sudah diteken Sekda.

"Ya, sebanyak 13 desa yang sudah siap melakukan pencairan DD dan ADD tahap pertama tahun 2020 karena berkas pengajuan pencairannya sudah ditandatangani Sekda. Sementara ada 4 desa yang juga mengantongi rekomendasi dari PMD, namun berkasnya belum ditandatangani Sekda," ungkap Eko.

Eko juga mengimbau kepada seluruh desa di Kabupaten Lebong untuk segera mengajukan ke Dinas PMDS. Itupun sebelum melewati masa tenggat waktu pencairan.

"Sebab, target yang kami diberikan hingga bulan depan dan melalui pencairan ini. Maka proses percepatab pembangunan desa dapat segera direalisasikan," tandasnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00