Miris, Puskesmas Kota Mukomuko Beli APD Secara Swadaya

Daerah  SELASA, 12 MEI 2020 , 17:21:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Miris, Puskesmas Kota Mukomuko Beli APD Secara Swadaya
RMOLBengkulu. Stok alat pelindung diri (APD) untuk penanaganan wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di sejumlah fasilitas kesehatan masih sangat minim. Puskesmas Kota Mukomuko misalnya, membeli APD secara swadaya.

Kepala Puskesmas Kota Mukomuko Idrus mengatakan, setiap harinya ada puluhan pasien yang datang ke puskesmas. Di situasi saat ini, tenaga medis memerlukan APD sebagai safety selama bertugas.

"Kita punya APD sebanyak 5 set yang kita persiapkan nantinya jika terjadi ledakan kasus. Kalau sekarang petugas yang ditunjuk untuk tim Covid-19 sementara menggunakan jas hujan yang kita beli sendiri," ujar Idrus.

Minimnya APD yang ada di Puskesmas ini membuat pihak Puskesmas untuk mengantisipasi dengan membeli APD secara swadaya.

"Pelayanan biasa saat ini semua diwajibkan memakai masker, dan perawat juga harus memakai handscoon, masker, dan harus cuci tangan dahulu sebelum menangani pasien. Selama ini kami swadaya untuk membeli APD seperti handscoon dan masker," tambah Idrus.

Selama ini petugas Puskesmas Kota Mukomuko yang dibentuk 2 tim penanganan Covid-19 selalu memantau setiap orang yang datang dari daerah terjangkit.

"Kita sudah ada bantuan APD sebanyak 5 pasang, tapi ini digunakan untuk jaga-jaga jika nanti ada yangg posiitif. sehingga pada saat evakuasi kita bisa memakai APD tetsebut," bebernya.

"Untuk sementara Puskesmas sudah membeli jas hujan yang dipakai tim pada saat melakukan pemantauan ODP. Kan kalau jas hujan bisa dicuci dan dipakai lagi. Kita Sangat membuka jika ada yang ingin membantu mendonasikan APD bagi Puskesmas, karena itu sangat membantu kami dengan anggaran yang minim yang kami miliki," tambah Idrus.

Idrus juga mengatakan, pelayanan memang dilakukaneperti biasa, tetapi ia berpesan kepada masyarakat, jika tidak terlalu mendesak atau darurat sebaiknya menunda untuk datang ke Puskesmas karena sangat beresiko. [tmc]

Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00