Diawasi BPKP, Tidak Semua Orang Bisa Jalani Rapid Test

Daerah  SENIN, 11 MEI 2020 , 04:22:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Diawasi BPKP, Tidak Semua Orang Bisa Jalani Rapid Test

dr Ari Afriawan/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemerintah Kabupaten Lebong hingga saat ini belum dapat melakukan rapid test Covid-19 secara massal karena keterbatasan alat tes cepat itu.

Sebelumnya, Waka I DPRD Lebong, Teguh Raharjo Eko Purwoto (REP) menyarankan agar dilakukan pemeriksaan secara massal tim medis RSUD dengan menggunakan alat rapid diagnostic test (RDT).

"Bisa, tapi rapid test bantuan dari pemerintah hanya diprioritaskan untuk ODP, PDP dan tenaga kesehatan dengan resiko terpapar. Kecuali kalau pemerintah mengganggarkan rapid test massal untuk semua masyarakat," kata Dirut RSUD Lebong, dr Ari Afriawan, Minggu (10/5).

Dia menjelaskan, selain diprioritaskan untuk ODP, PDP. Rapid test juga diprioritaskan bagi tenaga medis yang berinteraksi dengan pasien terduga Covid-19.

"Kalau sekarang, kita prioritaskan kepada tenaga medis yang kontak, seperti kemaren 10 orang tenaga medis yang menangani pasien PDP," bebernya.

Dia menjelaskan, apalagi saat ini Lebong masih berstatus zona hijau. Secara teknis, rapid test juga harus dilakukan sebanyak 2 kali dengan interval 10 hari.

"Perlu penambahan sesuai dengan kondisi. Kalau kami sekarang masih menjaga stok aman. Apabila ada kasus, masih bisa kita lakukan rapid test. Kalau pun kurang bisa kita ajukan kembali ke Dinkes Provinsi," ucapnya.

Lebih jauh, ia menyatakan, bahwa penggunaan RDT dan Alat Pelindung Diri (APD) harus dipertanggungjawabkan. Sebab, diawasi langsung Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Bengkulu.

"Pemakaian RDT dan APD juga diawasi oleh BPKP. Jadi pemanfaatnya harus benar-benar tepat. Kalau kesannya menghamburkan (mubasir, red) atau pasien tidak ada yang ditangani tapi RDT dan APD habis. Bisa jadi masalah juga," tuturnya. [tmc]




Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00