KPK Belum Mampu Tangkap Harun Masiku, Ini Penjelasan Firli

Hukum  MINGGU, 10 MEI 2020 , 19:01:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

KPK Belum Mampu Tangkap Harun Masiku, Ini Penjelasan Firli

Ketua KPK Firli Bahuri/Net

RMOLBengkulu. Hingga saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum mampu menangkap Harun Masiku, kader PDI Perjuangan yang sudah ditetapkan tersangka kasus dugaan suap terkait pergantian anggota DPR RI terpilih 2019-2024.

Ketua KPK, Firli Bahuri pun angkat bicara berkenaan dengan tersangka yang sudah masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO) itu.

"Sebenarnya semangat dan komitmen KPK tidak pernah berubah. Kami bekerja secara kolektif kolegial. Kami tidak pernah berhenti melakukan upaya pencarian dan pengejaran terhadap tersangka berstatus DPO,” kata Firli Bahuri dilaporkan Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (10/5).

Pihaknya sudah bekerja sama dengan Polri dalam melakukan pencarian Harun Masiku yang sudah ditetapkan sejak taggal 9 Januari 2020 silam. Kerja sama tersebut penting karena Polri memiliki akses penegakan hukum hingga ke lingkup desa dan kelurahan. Di sisi lain, pihaknya akan melakukan evaluasi berkenaan dengan masih bebasnya DPO di luaran sana agar hal serupa tidak kembali terulang.

"Ke depan, jika penyidikan sudah diperoleh bukti yang cukup, tersangka akan langsung ditangkap, dan ditahan baru diumumkan. Ini agar tersangka tidak punya waktu persiapan untuk melarikan diri atau menghilangkan barang bukt,” tegas Firli.

Karena kata Firli, pengumuman tersangka dengan langsung melakukan penangkapan berdasarkan bukti kuat, merupakan bentuk memberikan kepastian hukum, rasa keadilan dan profesionalisme penegak hukum seperti KPK.

"Semua DPO tetap kami cari dan dilacak keberadaannya. Perlu diingat, para DPO sudah ditetapkan sebagai tersangka sudah lama, jauh sebelumnya. Tapi sayangnya saat ditetapkan sebagai tersangka tidak langsung ditangkap, sehingga mereka DPO,” pungkas Firli. [tmc]

Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00