5 Puskesmas Akan Re Akreditasi, Penilaian Tunggu Instruksi Kemenkes

Daerah  SENIN, 04 MEI 2020 , 18:38:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

5 Puskesmas Akan Re Akreditasi, Penilaian Tunggu Instruksi Kemenkes

Sekretaris Dinkes Mukomuko, Bustam Bustomo/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Kesehatan pada tahun ini akan melaksanakan re akreditasi 5 Puskesmas.

Adapun Puskesmas yang akan di lakukan re akreditasi  yakni Puskesmas Air Rami, Puskesmas Ipuh, Puskesmas Air Manjuto, Puskesmas Lubuk Pinang dan Puskesmas Kota Mukomuko.

Rencananya penilaian re akreditasi ini akan dilaksanakan pada triwulan ke 4 sekitar bulan Oktober- November. Namun karena saat ini masih ada Pandemi Covid-19 sehingga pelaksanaan penilaian re akreditasi ke 5 Puskesmas tersebut menunggu instruksi dari Kementrian Kesehatan.

"Ada 5 Puskesmas tahun ini yang akan melaksanakan penilaian re akreditasi. Namun karena situasi saat ini berbeda dari tahun lalu jadi kita menunggu instruksi atau petunjuk dari Kemenkes terkait penilain tersebut," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko,Desriani melalui Sekretaris, Bustam Bustomo saat dikonfirmasi belum lama.

Menurutnya, kendati belum tau pasti akan dilaksanakan penilaian pada tahun ini oleh Kemenkes. Namun proses saat ini masih terus berjalan.

"Proses masih terus berjalan seperti pendampingan ke Pokja-pokja. Namun kalau untuk kegiatan seperti workshop yang mengumpulkan seluruh pihak Puskesmas yang ikut re akreditasi belum bisa dilaksanakan sesuai anjuran pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran virus Corona ini," ucapnya.

Ditambahkan Bustam, bahwa re akreditasi Puskesmas yang telah terakreditasi akan dilakukan re akreditasi atau akreditasi ulang setiap 3 tahun sekali. Bagi Puskemas yang pada tahun 2017 terakreditasi maka pada tahun 2020 harus dilakukan re akreditasi.

"Re akreditasi ini dilakukan agar Puskesmas tidak jalan ditempat. Maksudnya setelah mendapatkan status terakreditasi peningkatan mutu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi dari sebelumnya. Terkait penilaian re akreditasi  saat ini kita menunggu dari Kemenkes," demikian Bustam. [ogi]


Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00