Akibat Corona Pencairan BNPT Lewat Agen dan E-Warong

Nusantara  SABTU, 18 APRIL 2020 , 07:48:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Akibat Corona Pencairan BNPT Lewat Agen dan E-Warong

Ilustrasi/Net

RMOLBengkulu. Sejak Kamis (16/4) kemarin, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau bantuan sembako murah mulai disalurkan bagi ribuan warga yang tersebar di 12 kecamatan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, memperketat terhadap ribuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam pencairan BPNT atau bantuan sembako murah.

Hanya saja, penyaluran bantuan bagi ribuan warga yang tergabung dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berbeda dari sebelumnya.

Dimana bantuan tersebut disalutkan lewat masing-masing agen maupun e-warong. Hal ini menyusul adanya upaya pencegahan terhadap virus corona, dimana saat pencairan dimungkinkan menimbulkan kerumunan bamyak orang.

Demikian disampaikan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, Reko Haryanto melalui pesan elektronik, kemarin (17/4).

Menurutnya, sesuai instruksi dari Pemerintah Pusat, bantuan harus tetap disalurkan. Namun dengan memperhatikan jumlah keluarga penerima manfaat yang datang ke agen maupun e-warong. Sehingga diatur melalui penjadwalan yang baik agar tidak menimbulkan kerumunan orang banyak.

"Jadi, bantuan dari pusat ini masuk ke rekening PKM selaku penerima bantuan, dan diganti dengan sembako di aplikasi e-warung," katanya.

Dia belum merinci persis berapa total penerima KPM. Namun, dipastikannya jumlah penerima BNPT di Kabupaten Lebong kurang lebih 6 ribu keluarga.

Di sisi lain, ia berharap bantuan itu cukup untuk pemenuhan kebutuhan di tengah pandemik ini.

"Kalau BNPT sudah mulai. Kalau PKH saya belum dapat informasi dari bidang," tuturnya.

Sementara itu, terkait keluarga penerima manfaat bantuan sosial akibat terdampak Covid-19 di daerah itu masih dilakukan validasi. Penerima yang telah tervalidasi akan diberikan bantuan sosial terdampak Covid-19. [tmc]



Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00