Dituduh China Sentris Oleh Trump, Ini Jawaban WHO

Nusantara  KAMIS, 09 APRIL 2020 , 07:48:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Dituduh China Sentris Oleh Trump, Ini Jawaban WHO

Tim Medis di Wuhan Klaim Wabah Telah Berakhir Di Negara Itu/Net

RMOLBengkulu. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, saat ini adalah fase akut wabah virus corona. Bukan saat yang tepat untuk memotong pendanaan.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengancam akan memotong dana bantuan untuk WHO sebab dinilai lembaga itu terasa sangat China-sentris.

AS adalah donor utama bagi badan yang bermarkas di Jenewa itu, yang menurut Trump mengeluarkan nasihat buruk selama wabah Covid-19.

Kontribusi AS ke WHO pada 2019 adalah lebih dari USD 400 juta, sedangkan China hanya menyumbang USD 44 juta. WHO juga membantah tuduhan Trump bahwa mereka China sentris.

"Kami masih dalam fase akut pandemi, sehingga sekarang bukan saatnya untuk mengurangi pendanaan," kata Hans Kluge, Direktur Regional WHO untuk Eropa dilaporkan Kantor Berita Politik RMOL.

Ia memberikan pengarahan singkat sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang pernyataan Trump.

Penasihat Senior Direktur Jenderal WHO, Dr Bruce Aylward, mengatakan hubungan badan PBB itu dengan China adalah soal pekerjaan bagaimana Beijing mengatasi wabah Covid-19.

Saat wabah Covid-19 merebak di Wuhan, lembaganya perlu bekerja sama dengan otoritas China untuk memahami penyebaran virus tersebut  

"Sangatlah penting pada bagian awal wabah ini untuk memiliki akses penuh ke segala hal, dan bekerja dengan China untuk memahami hal ini. Inilah yang kami lakukan dengan setiap negara yang terpukul keras seperti Spanyol dan tidak ada hubungannya dengan China secara khusus," ucap Aylward melansir Reuters pada Rabu (8/4).

Aylward membela rekomendasi WHO untuk menjaga perbatasan tetap terbuka, dengan mengatakan bahwa China telah bekerja sangat keras untuk mengidentifikasi dan mendeteksi kasus-kasus awal. [tmc[

Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00