APD Tenaga Medis Dipastikan Aman

Daerah  KAMIS, 09 APRIL 2020 , 07:08:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

APD Tenaga Medis Dipastikan Aman

Rachman/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Di tengah ancaman virus Corona, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong memastikan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis aman di daerah itu.

Kadis Kesehatan Lebong, Rachman mengatakan, dari pengalihan anggaran non fisik pihaknya bisa membelanjakan APD sesuai edaran pemerintah pusat.  Terlebih lagi, saat ini ada pembahasan refocusing atau perubahan alokasi APBD Tahun Anggaran 2020.

"Dari anggaran dak fisik sekitar Rp 5 milliar yang sudah dianggarkan, untuk petugas dengan anggaran yang ada mudah-mudahan cukup," jelasnya, kemarin (8/4).

Di sisi lain, setiap daerah memang dapat bagian dari pusat, namun pemda setempat juga tak akan menutup diri dalam percepatan penanganan sekaligus pencegahan virus corona.

"APD tersebut memang sekali pakai, tetapi untuk masyarakat ada tiga masker N95, masker bedah kemudian masker kain. Diutamakan untuk masyarakat dan diimbau setiap 4 jam diganti dan bisa dicuci. Sedangkan masker bedah untuk petugas kesehatan," jelasnya.

Ia juga berpesan, bagi seluruh tim medis agar menjaga kesehatan. Termasuk menggunakan APD sesuai dengan SOP dan mengikuti standar-standar protokol yang sudah ada.

"Kemudian imbauan kepada masyarakat agar menggunakan masker kalau berpergian jauh," tuturnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00